Everyone is Connected

20141017

Safety Check, 'Alarm' Facebook Saat Bencana Melanda

Youfacom.com - Facebook baru saja merilis aplikasi yang mungkin Anda dan keluarga Anda berharap tidak akan memakainya. Walau begitu, aplikasi yang diberi nama Safety Check ini boleh jadi sangat berguna bila terjadi bencana.

Safety Check secara otomatis akan aktif sesaat setelah terjadi bencana alam di sekitar pengguna. Facebook kemudian akan mengirimkan push notification tersebut dan menanyakan apakah pengguna baik-baik saja.

Pengguna boleh memilih jawaban antara baik-bak saja atau tidak sedang berada di daerah tersebut. Jawaban ini akan secara otomatic tercantum dalam News Feed. Facebook juga mengizinkan penguna lain yang menjadi teman untuk mengetahui kondisi temannya.

"Ketika terjadi bencana alam ataupun krisis, orang-orang boleh menjadikan Facebook untuk mengecek keadaan orang yang mereka sayangi dan mendapatkan update kondisi terakhir," paparnya Facebook.

"Di saat seperti itulah komunikasi menjadi sangat penting bagi korban di area dan juga bagi teman maupun keluarga yang menanti kabar terbaru," tambahnya.

Facebook menambahkan jika Safety Check terinspirasi dari bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Japan di tahun 2011 lalu.

"Pakar kami di Japan yang berinisiatif menciptakan produk guna menghubungkan kembali orang-orang yang terkena bencana," jelasnya.d

 

0 komentar: