Everyone is Connected

20141117

Ini Alasan, Kenapa Android Lebih Rakus Memori

Youfacom.com - Banyak yang bertanya-tanya, bagaimana boleh iPhone memiliki performa lancar tanpa tersekat dengan cuma bermodal RAM 1 GB? Sedangkan Android setidaknya butuh 2 GB atau bahkan 3 GB untuk dapat berjalan.

Menjawab pertanyaan tersebut, sebuah situs bernama Quora, mengatakan perbedaan tersebut terletak dari fakta bahwa aplikasi Android menggunakan Java.

Pada aplikasi Java terdapat sebuah proses yang dinamakan garbage collection. Cara kerjanya adalah, segera setelah pengguna Android menutup sebuah aplikasi, garbage collection ini akan memoroses ulang memori.

Nah, permasalahannya adalah garbage collection ini membutuhkan waktu empat hingga delapan kali dari memori yang digunakan agar proses berjalan lebih cepat. Jika jumlah memori yang dibutuhkan tidak tersedia, maka otomatic proses akan berjalan lambat.

Sumber dari Phone Arena, Senin (17/11/2014), karena iOS tidak menggunakan garbage collection, maka Apple boleh mengoperasikan aplikasi hanya menggunakan RAM 1 GB, yang mana tidak boleh dilakukan oleh Android.

Untuk lebih memperjelas konsep tersebut, sebuah skema pemprosesan ulang juga diposting dalam situs Quora.

Memang, ini cuma salah satu alasan kenapa sebuah ponsel boleh berjalan maksimal. Jadi intinya adalah bagaimana terwujudnya keselarasan software dan hardware sehingga sistem secara keseluruhan boleh berjalan optimal.d

 

0 komentar: