Everyone is Connected

20150518

Huawei Tak Ingin Bergantung pada Android



Youfacom.com - Pengeluar smartphone China, Huawei dirumirkan sedang membuat sistem operasi mobile rancangannya sendiri. Hal itu dilakukan Huawei untuk mengurangi ketergantungannya dari OS Android buatan Google.

Sumber dari GSM Arena, Minggu (17/5/2015), sistem operasi mobile itu disebut-sebut telah disiapkan dan dikembangkan oleh Huawei selama tiga tahun terakhir. 

Selain itu, rumor yang berkembang selama ini adalah sistem operasi buatan Huawei itu juga disiapkan untuk smartphone baru Huawei yang akan dilancarkan dalam waktu dekat.

Menurut sumber dalam Huawei yang dekat dengan permasalahan tersebut, OS tersebut akan menjadi sistem operasi mandiri, yang bekerja bersamaan dengan chip buatan Huawei juga. 

Untuk prosesor, Huawei saat ini memang memiliki chip yang dibangun sendiri yang diberi nama Kirin. Chipset tersebut telah dipakai di beberapa lini smartphone Huawei, seperti lini Ascend Mate.

Belum jelas apa nama  yang akan disematkan Huawei untuk sistem operasi mobile-nya itu. Kapan OS mobile itu akan mulai dirilis dan digunakan di perangkat-perangkat Huawei juga belum diketahui.

Yang jelas, sejumlah pengilang saat ini mulai mengembangkan sistem operasi mobile-nya sendiri untuk mengurangi ketergantungan akan Android buatan Google, seperti OnePlus yang mengembangkan Oxygen OS dan ZTE dengan sistem operasinya sendiri.k

0 komentar: