Everyone is Connected

20150521

iOS 9 Iringi Aplikasi & Huruf Baru



Youfacom.com - Banyak pengguna iDevice menunggu kehadiran iOS 9. Pasalnya sudah sejak lama dikabarkan sistem operasi mobile Apple ini akan banyak pembaruan. Salah satunya, iOS 9 dikatakan akan membawa aplikasi Home dan menggunakan jenis huruf baru.

Sumber dari laman 9to5Mac, Kamis (21/5/2015), Apple akan menyematkan aplikasi Home untuk mengontrol dan mensambungkan perangkat HomeKit dari iPhone, iPad dan Apple TV. Perangkat-perangkat menyokong HomeKit sendiri dikabarkan akan mulai tersedia di pasaran mulai June ini, di antaranya kunci pintu, kamera CCTV dan peralatan rumah tangga.

Masih dari laporan 9to5Mac, Apple berencana mengganti jenis huruf iOS dan Mac OS X. Syarikat bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat ini akan menggunakan jenis huruf San Francisco yang pakai di perangkat Apple Watch. San Francisco akan mengantikan Helvetica Neue yang telah digunakan sejak iOS 7.
Helvetica Neue diketahui kurang disukai para developer, salah satunya karena kerap sulit terbaca pada aplikasi. San Francisco sendiri dirancang khusus untuk layar kecil, sehingga membuat hurufnya mudah terbaca oleh mata. 

Dan karena hal tersebut, para eksekutif Apple berkeyakinan penggunaan huruf San Francisco di iOS tidak hanya akan menyenangkan pihak yang membenci Helvetica Neue, tapi memberi penyegaran pada tampilan keseluruhan iOS 9.
Sayangnya keputusan tersebut langsung disambut respons negatif para developer. Mereka menilai San Francisco bukan pilihan terbaik. Pasalnya pada layar non-Retina Display, jenis huruf tersebut terlihat datar dan kurang menarik.

9to5Mac sendiri berpendapat pengantian huruf baru di iOS 9 tidak sesederhana kedengarannya. Apple harus mengubah semua aplikasi yang telah dibuat khusus untuk iOS dan OS X. Mereka pasti melakukan banyak pengujian untuk memastikan huruf yang digunakan terlihat baik pada ukuran yang berbeda.k

0 komentar: