Everyone is Connected

20150524

iOS 9 Diklaim Anti Jailbreak!



Youfacom.com - Sebagai penerus iOS 8, Apple disebut tengah menyiapkan iOS 9. Tapi meski bakal menyodorkan berbagai improvisasi, boleh jadi ini bukan sepenuhnya kabar gembira bagi fansboy Apple. Karena kabarnya iOS 9 bakal tak boleh di-jailbreak.

Sebuah sumber yang dekat dengan pengembangan iOS 9 mengatakan, Apple membenamkan kernel baru di sisi keamanan yang disebut Rootless. Kernel ini disebut mampu menangkis aktiviti apapun yang ingin mengakses bagian terlindung dari iOS 9 nantinya.

Biasanya bagian terlindung yang dimaksud terkait dengan kekuasaan administrator. Bila mampu mengakses bagian terlindung tersebut, pengguna pun dipastikan jadi boleh melakukan ubahan yang diinginkannya, salah satunya adalah apa yang disebut jailbreak.

Mungkin buat sekadar pengguna, penggunaan kernel Rootless di iOS 9 tak akan begitu berasa. Tapi beda kes dengan komuniti Jailbreak iOS, karena dipastikan mereka bakal kebingungan mencari cara memecah penerus iOS 8 tersebut. Sialnya, paling penyuka jailbreak akan disuruh bertahan dengan versi iOS sekarang yang masih boleh di-jailbreak.

Sumber dari VR-Zone, Minggu (24/5/2015), iOS 9 sendiri kabarnya akan diumumkan Apple bersamaan dengan kehadiran iPhone 6S dan iPhone 6S Plus. Bila benar, artinya Apple akan melakukannya sekitar bulan September.

Pun demikian, even Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2015 yang akan digelar pada bulan June mendatang disebut-sebut akan jadi tempat diumumkannya penggunaan kernel Rootless untuk iOS 9.

Menariknya, kernel Rootless ternyata juga berpeluang dipakai di Mac OS X. Hanya saja untuk Mac OS X konon pengguna bakal boleh menonaktifkan fungsinya, tak seperti di iOS 9 yang tak boleh diapa-apakan atau sudah ter-setting secara default.


0 komentar: