Everyone is Connected

20150302

Apa Saja Kelebihan Prosesor 14nm Galaxy S6?

Youfacom.com - Galaxy S6 tak cuma menggebrak dari segi desain, ponsel jagoan Samsung ini juga menjadi ponsel pertama yang menggunakan prosesor mobile dengan fabrikasi 14nm berplatform 64 bit.

Pemilihan prosesor tersebut tentunya bukan sekadar rayuan iklan. Sebab bakal ada pengaruhnya pada penggunaan keseharian.

Menurut Gadget Enthusiast Lucky Sebastian, otomatic Galaxy S6 membawa era baru dalam prosesor mobile. Sebab sebelumnya, perangkat genggam masih dibenamkan oleh prosesor dengan fabrikasi 20nm dan 28nm.

"Dengan arsitektur yang lebih kecil (14nm), maka tempat yang digunakan untuk prosesor ini juga lebih kecil dan maksimal," kata Lucky di sela peluncuran Galaxy S6 di Centre de Convencions Internacional de Barcelona.

Imbasnya adalah penggunaan baterai bakal lebih jimat. Jadi misalnya kalau dibandingkan ada baterai yang sama-sama menggunakan kapsitas 2.000 mAh tetapi punya dua fabrikasi prosesor berbeda -- misalkan 14nm dan 20nm -- maka yang bakal lebih jimat adalah yang 14nm.

Peningkatan juga termasuk untuk urusan performa ponsel. Lucky memberikan analogi yaitu ketika kita coba berjalan dari ruangan A ke ruangan B. Nah, kalau ruangannya lebih kecil maka jalannya juga lebih cepat.

"Sama seperti prosesor berasitektur 14nm maka performanya bakal lebih meningkat karena jarak yang lebih pendek untuk berpindah dari A ke B, sehingga proses komputasi jadi lebih cepat," papar Lucky

Soal kenapa baru sekarang ada vendor yang berani memasukan fabrikasi 14nm di ponsel? Lucky berpendapat karena pabrikasi yang semakin kecil itu sulit maka untuk dikembangkan.

"Maka untuk Samsung dan Exynos sendiri ini sebuah lompatan yang besar. Pasti bakal ditiru oleh vendor lain," ia menandaskan.

Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge sama-sama menggunakan layar 5.1 inch Quad HD (2560x1440) 577ppi dengan display Super AMOLED, dan prosesor setara octa core dengan perpaduan Quad 2.1GHz + Quad 1.5Ghz.

Prosesor dari Galaxy S6 juga merupakan yang pertama di dunia karena mengusung prosesor 14nm dengan platform 64 bit, sistem memori LPDDR4 dan UFS 2.0 flash memory yang menyediakan kinerja yang lebih tinggi, namun kecepatan memori ditingkatkan dengan konsumsi daya yang rendah.

Untuk kamera bagian belakangnya, ponsel yang sudah menunjang LTE Cat.6 (300/50Mbps) untuk 4G LTE-Advanced ini menawarkan kapasiti 16MP dengan lensa F1.9 OIS dan 5MP untuk bagian depan. Smartphone dengan RAM 3GB ini juga hadir dengan pilihan memori internal 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Nyaris tak ada perbedaan antara S6 dan S6 Edge kecuali ada layar tambahan di samping, selain berat dan ukuran baterai yang beda tipis. Untuk S6 beratnya 132 gram, sementara S6 Edge 138 gram. Baterai S6 2.550mAh, sedangkan S6 Edge 2.600mAh.

Dengan teknologi wireless charging bersertifikat WPC dan PMA, baterai Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge juga boleh diisi ulang secara cepat -- 1,5 kali lebih cepat dibanding seri Galaxy S5. Dalam waktu 10 menit charging, ponsel ini sudah boleh digunakan selama 4 jam.d

 

0 komentar: