Everyone is Connected

20130615

Microsoft Office Akhirnya Sambangi iOS

Youfacom.com - Setelah bertahun-tahun dirumorkan, akhirnya Microsoft benar-benar merilis Office untuk platform iOS. Sebelumnya, paket software produktif ini hanya tersedia eksklusif untuk perangkat berbasis sistem operasi Windows, termasuk Windows Phone.

Akan tetapi, sumber dari PCWorld, tak semua perangkat iOS boleh menggunakan Office karena piranti lunak ini hanya tersedia untuk iPhone. Tak ada atau belum ada versi untuk iPad.

Office untuk iOS pun memerlukan lisensi Office 365 (paket software Office berbasis cloud) untuk boleh dipakai. Para pemilik iPhone yang sudah berlangganan Office 365 boleh mendownload Office untuk iOS secara gratis dari store aplikasi App Store. Sebagai informasi, biaya lisensi untuk Office 365 mencapai 100 dollar AS per tahun untuk versi Home Premium.

Untungnya, Office untuk iOS tidak mengurangi jatah lisensi 5 perangkat dari Office 365. Software berbasis cloud ini memang menyediakan opsi untuk dipakai di lima jenis perangkat berbeda seperti PC Windows dan laptop MacBook. Kini, iPhone pun boleh ditambahkan dalam daftar perangkat yang disokong.

Begitu ter-install di iPhone, Office akan tersinkronisasi ke akaun SkyDrive pemilik lisensi Office 365. Semua dokumen Office yang terdapat di perangkat iPhone pun akan langsung diasosiasikan dengan software ini sebagai pilihan default untuk membuka dan menyuntingnya.

Belum diketahui apabila Microsoft juga berniat merilis Office untuk platform Android, tetapi boleh jadi raksasa software ini sedang mempertimbangkannya.

Menyerah?

Pelepasan Office untuk iOS menandai perubahan besar dalam strategi mobile Microsoft. Sebelumnya, software ini selalu digunakan sebagai umpan untuk menarik pelanggan ke platform mobile milik Microsoft sendiri (misalnya smartphone Windows Phone dan tablet Surface RT) karena hanya tersedia di perangkat berbasis Windows.

Tetapi, alih-alih berhasil menarik pelanggan, taktik tersebut justru menyuburkan penyedia software alternatif Office seperti Documents to Go, QuickOffice, bahkan iWork milik Apple. Para pengguna agaknya lebih suka bertahan dengan perangkat pilihannya dan mencari pengganti Office.

Nah, dengan langkah ini, Microsoft memperluas jangkauan Office dari sebanyak 1,2 persen pengguna mobile yang memakai platform Windows Phone sehingga turut mencakup pengguna iOS yang jumlahnya mencapai 60 persen dari keseluruhan sistem operasi mobile, menurut data dari Net Market Share.

Lalu, mengapa Office tak tersedia untuk iPad? Februari lalu, CEO Microsoft Steve Ballmer pernah mengatakan bahwa pengguna iPad boleh langsung memakai Office Web Apps dari SkyDrive. Tak seperti iPhone, perangkat tablet popular ini memang dilengkapi dengan browser versi penuh.

Tentu, aplikasi native lebih baik daripada yang dijalankan melalui browser. Ada kemungkinan Microsoft berusaha "mengamankan" tablet Surface miliknya sendiri dengan tidak merilis Office untuk iPad. Tetapi, dengan melancarkan Office untuk iPhone, perusahaan(syarikat)ini menambahkan nilai lebih untuk Office 365 dan berusaha mempertahankan dominasi software tersebut di ranah produktiviti.k

 

0 komentar: