Everyone is Connected

20121220

Samsung Akui Ada Celah Berbahaya di Gadgetnya

Youfacom.com - Samsung akhirnya merespons laporan soal bug yang boleh dieksploitasi di sejumlah gadgetnya. Perusahaan(syarikat)asal Korea Selatan ini mengakui keberadaan celah berbahaya tersebut.

Dikatakan Samsung, celah berbahaya akibat kesalahan penerapan kernel itu membuat aplikasi jahat punya kendali penuh atas sebuah perangkat, melalui akses ke dalam RAM.

Pada akhirnya, seperti GSM Arena laporkan, celah ini dapat dimanfaatkan untuk membaca data pengguna. Ini juga boleh merugikan si pengguna karena mengganggu pengoperasian perangkat.

Samsung pun berjanji segera merilis update untuk menambal lubang tersebut. Untuk menghindari pengaruh celah berbahaya, Samsung juga menyarankan agar hanya menggunakan aplikasi yang telah diverifikasi di PlayStore.

"Pengguna juga disarankan segera meng-uninstall aplikasi dari sumber tidak jelas, setidaknya hingga patch untuk celah dilancarkan," kata Samsung dalam pernyataannya.

Celah ini pertama kali ditemukan oleh salah satu user 'Alephzain' dalam komunitas XDA Developers, sebuah forum para mobile developer. Laporan dari Alephzain itu menuliskan, lubang yang ditemukan mempengaruhi perangkat yang menggunakan prosesor Exynos model 4210 dan 4412.

Forum lain bernama Chainfire melaporkan, perangkat yang terkena kerentanan ini, antara lain smartphone Samsung Galaxy S2 dan S3, Galaxy Note dan Galaxy Note 2, Galaxy Note Plus dan Galaxy Note 10.1.d

 

0 komentar: