Everyone is Connected

20120205

Secara Offline Google Docs Boleh Diakses Di Android

Google Docs kini boleh dibaca meski akses internet terputus atau secara offline. Pengguna ponsel ataupun tablet Android boleh mengakses dokumen, file presentasi, spreadsheet, foto, dan file dengan format PDF, DOC, XLS, dan PPT.

Untuk dapat mengakses Google Docs secara offline, pengguna Android harus melakukan update aplikasi Google Docs terbaru dari Android Market.

Secara otomatic, pengguna boleh tetap membuka dan melakukan pengaturan Google Docs meskipun sambungan internet tiba-tiba terputus.

Sebaliknya, pengguna boleh tetap membuka Google Docs versi offline meskipun sudah tersambung ke jaringan internet. File akan otomatis ter-update setiap kali pengguna terhubung ke internet. 

Terdapat cara yang berbeda untuk membuat file offline di antara tablet dan smartphone. Untuk tablet, pengguna boleh membuka window pratinjau dan pilih kotak centang di sebelah pilihan "make offline" yang tersedia.

Adapun pengguna smartphone boleh mengklik langsung pada file selama tiga second, lalu menyentuh tulisan "make available offline".

Jadi, untuk dapat mengakses dokumen di Google Docs secara offline, Anda harus melakukan langkah di atas.

Bagaimanapun, aplikasi Google Docs terbaru ini hanya membantu untuk mengakses file dan belum boleh digunakan untuk mengedit.

Konsep ini sama dengan konsep GMail Offline pada browser Google Chrome. Google masih akan mengembangkan penelitian agar Google Docs boleh lebih bermanfaat bagi penggunanya. K

 

0 komentar: