Everyone is Connected

20140603

Mengulas Fitur Tambahan di iOS 8

Youfacom.com - Melanjutkan siklus tahunannya, Apple mengumumkan update dari iOS. Mengusung nama iOS 8, Apple lebih mengedepankan sejumlah fitur.

Bila sebelumnya terjadi lompatan besar dari iOS 6 ke iOS 7, maka pengguna akan mendapatkan iOS 8 lebih memaksimalkan iDevice dengan fitur yang ditawarkan.

Di acara tahunan konferensi pengembang ini, Apple memamerkan beberapa fitur di iOS 8 yang akan dilepas dalam waktu dekat tersebut. Apa sajakah fitur tersebut, ia rangkumkan dari berbagai sumber.

1. Design Tak Banyak Berubah

Berharap bahwa iOS 8 akan menampilkan desain atau cara menggeser aplikasi dengan sesuatu yang baru, maka janganlah berharap besar. Di WorldWide Developer Conference (WWDC) 2014, Apple tak menunjukkan sesuatu yang wah di iOS 8.

Ciri khas tembus pandang dengan ikon aplikasi yang lembut tetap dipertahankan oleh Apple di sistem operasi terbarunya tersebut.

Intinya adalah, dominan pada perubahan desain yang ada di iOS 7, tidak banyak dilakukan kembali di iOS terbaru. Namun lebih ke penambahan yang diharapkan berguna bagi pengguna iDevice.

2. Widget dan Notification Center

Penambahan fitur di iOS 8 dimulai dari Notification Center. Apple lebih banyak bermain-main di pusat informasi ini, dengan menambahkan banyak fungsionaliti dalam satu tempat.

Salah satu yang menarik adalah, pengguna iOS 8 juga boleh merespons pesan teks atau notifikasi di Facebook langsung dari notification center, meskipun dalam keadaan lock screen.

Pertama kalinya dalam sejaran, iOS 8 juga menghadirkan widget pada notification center. Widget ini dapat memberikan akses kepada user untuk melihat berbagai informasi, seperti skor olahraga hingga cuaca.

Chief Apple Software Craif Federighi memerkenalkan fitur Widget. Seperti di Android, pengguna dapat mengutak-atik segala informasi di Notification Center.

Di atas panggung, Federighi menunjukkan dalam satu lama Notification Center pengguna boleh melihast update skor dari ESPN SportCenter namun di bagian lain mereka boleh melihat bid terbaru yang diikuti di situs lelang eBay.

3. QuickType

Di iOS 8, Apple turut memperkenalkan apa yang disebut dengan QuickType. Sentuhan baru yang ada di papan ketik virtual di perangkat seperti iPhone dan iPad.

Dengan QuickType dapat menjangka apa yang pengguna mungkin akan ketikkan berdasarkan hasil ‘rekaman’ di masa lalu. Sesuai dengan namanya, mengetik pun akan semakin cepat.

Tidak hanya itu, pengguna pun dapat menginstal atau tepatnya mengkustomisasi keyboard miliknya yang merupakan hasil kreasi dari pihak ketiga. Satu lagi, keterbukaan iOS 8 untuk para pengembang.

4. Fitur Kesehatan dan HomeKit

Memang bukan iWatch yang diumumkan, namun Apple memunculkan fitur kesehatan sendiri yang saat ini sudah diadopsi oleh beberapa kompetitor Apple, seperti Samsung.

Aplikasi terbaru yang muncul di iOS 8 disebut HealthKit. Aplikasi ini mampu memonitor denyut jantung, tidur, berat badan serta tekanan darah pengguna.

Sementara itu, tak kalah menarik adalah Apple juga memperkenalkan HomeKit, platform baru yang memungkinkan pengguna untuk mengawasi segala hal di rumahnya cuma lewat iPad atau iPhone mereka.

Fitur ini sekaligus memberikan akses kepada pengguna untuk mengontrol lampu, kamera, kunci rumah, dan segala hal yang terhubung dengan perangkatnya.

5. TouchID dan Message untuk Semuanya

Dahulu, keamanan via sidik jari hanya dapat digunakan untuk aplikasi khusus Apple, maka bukan tidak mungkin aplikasi lain pun boleh disematkan.

Ini mungkin saja dilakukan setelah Apple membuka diri bagi pengembang ketiga untuk boleh menempelkan fitur TouchID di aplikasi yang berjalan di platform iOS.

Serasa tak mau kalah dengan WhatsApp atau BlackBerry Messenger, Apple juga serius menggarap layanan message miliknya dengan menghadirkan fitur baru untuk membuat group

Dengan sokongan OS X Yosemite, pengguna iDevice pun boleh memindahkan percakapannya di iMessage dari iPhone ke MacBook miliknya.d

 

 

 

0 komentar: