Everyone is Connected

20130314

Isu Lengkap Tentang Samsung Galaxy S IV

Youfacom.com - Samsung tinggal beberapa jam lagi untuk mengumumkan kehadiran Galaxy S IV. Tanggal 14 Maret 2013 di New York, Amerika Serikat, menjadi lokasi kelahiran dari suksesor S III tersebut.

Sebelum vendor asal Korea Selatan itu menyebarkan undangannya ke sejumlah media asing, sejumlah potongan isu yang mengungkap mengenai spesifikasi Galaxy S IV sudah beredar ke dunia maya.

Sambil menunggu misteri itu akhirnya terungkap, tidak ada salahnya melihat satu per satu informasi yang pernah dimuat mengenai spesifikasi Samsung Galaxy S IV.

Lihat hasil rangkuman seperti berikut ini.

Layarnya Besar

Rumornya Samsung akan menambah bentang layar yang ada di Samsung Galaxy S IV, jadi jauh lebih luas bila dibandingkan dengan pendahulunya.

Bila layar Galaxy S III mempunyai ukuran layar 4,8 inch, maka di Galaxy S IV ini diperikirakan akan hadir dengan luas 5 inch.

Selain display seluas 5 inch, layar Galaxy S IV ini akan mempunyai resolusi 1080p Full HD Super AMOLED. Bila benar, niscaya smartphone akan hadir dengan layar yang tajam dan cermelang.

Pakai Stylus?

Melihat ukurannya yang sebesar 5 inch, mengingatkan akan Samsung Galaxy Note. Sebuah phablet yang menggunakan stylus khusus. Hal yang sama juga dimanfaatkan oleh Galaxy S IV?

Seiring berjalannya waktu, teka-teki seputar ada atau tidaknya fasilitas S-Pen di Galaxy S IV semakin mengerucut. Bocoran terbaru menyebutkan bahwa Galaxy S IV akan tampil tanpa S-Pen alias tidak seperti Galaxy Note.

Laporan yang dilansir dari media asal Korea Selatan tersebut juga mengatakan bahwa Galaxy S IV akan hadir dengan tombol Home seperti halnya pada Galaxy S III.

Benchmark Sangar

Performa dari Samsung Galaxy S IV diperkirakan akan semakin laju. Pasalnya beberapa bocoran mengenai benchmark dari smartphone tersebut beredar sangat jelas.

Pertama benchmark menggunakan GLBenchmark tersebut dilakukan dalam dua metode, yakni on-screendan off-screen yang dijalankan pada resolusi 1080p. Pada metode off-screen, perangkat yang diduga Galaxy S IV berhasil menorehkan skor sebesar 41,3 fps meninggalkan Nexus 4 yang hanya sanggup meraih 33,7 fps.

Sementara saat dijajal dengan Antutu keluar angka 26118.

Menariknya, berdasarkan keterangan, pada pengujian tersebut Samsung Galaxy S IV dipersenjatai prosesor Qualcomm MSM8960, bukan Exynos yang biasa digunakan di perangkat Samsung.

Rumor ini muncul setelah awalnya sering diberitakan Galaxy S IV memang akan menggunakan chip Exynos 5 Octa yang sudah punya prosesor 8 inti. Namun masalahnya, chip ini sangat panas, sehingga masih dibutuhkan sejumlah perbaikan sebelum boleh dilancarkan.

Sementara itu, Galaxy S IV ini memasang RAM 2 GB dengan ROM 64GB dan GPU Adreno 320.

Ada rumor berhembus menyebut bahwa Samsung Galaxy S IV akan menggunakan kamera dengan resolusi 13 MP di bagian belakang dan 2 MP di bagian depan.

 

Pindah Layar Cukup Pakai Mata

Samsung konon tengah menyiapkan sesuatu yang istimewa untuk ciri-ciri Samsung Galaxy S IV. Salah satunya adalah, pengguna boleh menggulirkan (scroll) teks hanya dengan menggunakan mata.

Memang ciri-ciri ini masih sebatas kabar angin. Tapi yang menjadi catatan, informasi tersebut didapatkan dari karyawan Samsung yang tak ingin disebutkan namanya namun yang bersangkutan tak mempunyai hak untuk berbicara ke media.

Menurut sumber anonim, Galaxy S IV akan melacak mata Anda saat mencapai bagian bawah halaman teks, kemudian menggulir paragraf berikutnya, sehingga Anda tak perlu menggunakan jari.

Sayangnya, sumber tersebut masih menyimpan rapat apakah ciri-ciri ini benar-benar akan diumumkan bersamaan dengan Galaxy S IV.

Serupa Galaxy S III


Samsung memang telah sedikit membuka tabir Galaxy S IV, lewat potongan foto yang diumbar di Twitter. Namun isu yang beredar di internet, justru telah mengungkap bocoran Galaxy S IV secara lebih jelas dengan merilis foto dan videonya.

Sementara untuk penampilan, bocoran yang diduga Galaxy S IV itu tampak begitu serupa dengan Galaxy S III. Beberapa perbedaan tampak dari bagian samping yang dilapisi chrome serta bezel (pembatas) layar yang lebih tipis.

Namun tetap saja, pihak Samsung masih belum memberi konfirmasi atas bocoran Galaxy S IV yang beredar ini. Jadi boleh saja isu yang beredar masih 'mentah'.

 

 

 

0 komentar: