Everyone is Connected

20130719

Galaxy S4 Mini vs HTC One Mini

 

HTC One Mini resmi dirilis. Produk ini pastinya akan head to headdengan Galaxy S4 Mini buatan Samsung. Lantas, mana yang lebih baik di antara keduanya?

Kedua ponsel tersebut sama-sama versi murah dari pendahulunya, HTC One Mini yang merupakan adek HTC One dan Galaxy S4 Mini dari Samsung Galaxy S4. Maka tak heran jika seluruh komponen ponsel tersebut adalah versi downgrade dari sang 'kakak'.

Pun begitu, keduanya punya spesifikasi yang cukup mumpuni. Sama-sama dual core dan menyokong sejumlah ciri-ciri terkini di Android Jelly Bean. Nah, berikut adalah perbandingan lengkap kedua ponsel tersebut berdasarkan informasi.

Performer

Belum banyak yang mengetahui seperti apa performer HTC One Mini, sementara Galaxy S4 sudah teruji karena memang sudah terlebih dahulu dilancarkan.

Namun paling tidak pengguna boleh meneka kemampuan keduanya berdasarkan spesifikasi masing-masing, misalnya dari jenis dan kecepatan prosesor yang digunakan.

HTC One Mini menggunakan chipset Snapdragon 400 dengan prosesor dual core 1,4 GHz, RAM 1 GB dan GPU Adreano 305. Sementara Galaxy S4 Mini punya chip yang sama namun dengan kecepatan 1,7 GHz dan RAM 1,5 GB.

Dari sini sudah terlihat bahwa spesifikasi Galaxy S4 Mini sedikit lebih unggul. Performa keduanya pun dipercaya akan cukup berbeda mengingat ponsel besutan Samsung itu memiliki resolusi 540 x 960 pixel, sementara HTC One Mini 1280 X 720 pixel.

Jadi secara performer, di atas kertas Samsung Galaxy S4 Mini lebih unggul dibanding HTC One Mini.

Kualiti Screen

Dari sisi layar kedua ponsel tersebut memang sama-sama memiliki ukuran 4,3 inch, tapi dengan kualiti dan karakter warna berbeda.

Layar Galaxy S4 Mini menggunakan tipe Super AMOLED yang memiliki contrast rasio yang tinggi, ditambah tingkat warna yang lebih 'berani' dibanding tipe layar lainnya.

Sementara HTC One Mini memakai tipe Super LCD2 dengan warna yang sedikit 'cool'. Soal warna memang keduanya memiliki karakter berbeda, tapi sama baiknya ketika dipakai di bawah sinak matahari.

Perbedaan kualiti layar mungkin akan terlihat saat menampilkan gambar beresolusi tinggi di kedua ponsel tersebut. Pasalnya, HTC One Mini punya resolusi yang cukup tinggi yakni 1280 x 720 pixel, sementara Galaxy S4 Mini hanya 540 x 960 pixel.

Jadi kualiti gambar, sepertinya HTC One Mini lebih baik dibanding Galaxy S4 Mini.

Body

Bodi kedua ponsel tersebut mirip dengan para 'kakaknya', HTC One Mini berbalut metal sementara Galaxy S4 Mini masih mempertahankan bodi plastik berkilau.

Soal desain tentunya soal selera, ada yang lebih suka plastik karena ringan namun ada juga yang memilih metal karena terkesan ekslusif. Tapi yang jelas keduanya punya dimensi yang berbeda, yakni 124.6 x 61.3 x 8.9 mm untuk Galaxy S4 dan 132 x 63.2 x 9.3 mm untuk HTC One Mini.

Dari data tersebut terlihat bahwa HTC One Mini sedikit lebih bongsor, dan dengan bobot 122 gram ponsel tersebut juga lebih berat dibanding Galaxy S4 Mini yang hanya 107 gram.

Camera

Soal camera Samsung Galaxy S4 Mini punya lensa 8 MP yang mampu menangkap gambar hingga 3264 x 2448 pixel dengan autofocus dan LED flash.

HTC One Mini tak kalah canggih, meski hanya punya 4 MP namun lensanya sudah menyokong teknologi ultrapixel dengan ukuran lensa 1/3''. Camera buatan HTC ini diklaim mampu menangkap gambar dengan baik di malam hari.

Harga dan Ketersediaan

Samsung Galaxy S4 Mini yang sudah dipasarkan sejak bulan lalu dijual USD 450, sementara HTC One Mini baru akan beredar luas pada bulan September 2013 mendatang dengan harga USD 500.d

 

0 komentar: