Everyone is Connected

20130702

Inikah Ciri-Ciri Baru Android Jelly Bean 4.3?

Youfacom.com - Sebelum dirilis secara resmi, versi terbaru Android Jelly Bean 4.3 sudah bocor duluan. File instalasi ini pun dibedah untuk menemukan ciri-ciri apa saja yang ada di dalamnya.

Minggu lalu banyak beredar bocoran Jelly Bean 4.3 yang diduga siap pakai untuk perangkat Nexus. Namun ada juga yang menilai bahwa update tersebut hanya boleh dipakai untuk Galaxy S4, hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa blog pengulas Android seperti Sam mobile.

Dari hasil percobaan tersebut sekilas Jelly Bean 4.3 ini tidak banyak berbeda dengan seri sebelumnya, paling tidak soal tampilan antar muka yang sama. Paling hanya dibedakan dari jenis huruf yang digunakan.

Namun jika ditilik lebih dalam, ternyata ada beberapa update kecil yang terlihat menggoda.

 

Camera

Dari sisi interface aplikasi kamera di 4.3 tidak ada yang berubah. Paling-paling hanya bagian bar pengaturan dari sebelumnya berbentuk lingkaran penuh kini hanya setengah lingkaran.

Ciri-Ciri di dalam aplikasi tersebut juga masih sangat minim, jika dibandingkan aplikasi di TouchWiz besutan Samsung atau Sense milik HTC. Tapi kini pengguna Android 4.3 boleh menggunakan tombol volume sebagai tombol shutter.

 

WiFi selalu aktif

Google menambahkan opsi lain di dalam pengaturan WiFi. Dalam Android 4.3 terdapat pilihan bernama 'Scanning always available', ini berarti WiFi akan secara default selalu aktif.

Banyak yang menganggap bahwa ini akan membuat baterai ponsel cepat surut. Untungnya, Google masih memperbolehkan pengguna untuk tidak mengaktifkan pilihan tersebut.

 

Bluetooth yang Lebih Hemat Daya

Android 4.3 dipercaya akan menghadirkan sebuah ciri-ciri yang membuat jimat energi chip Bluetooth lebih rendah. Hal ini terlihat dari bagian baris kode aplikasi bernama android.hardware.bluetooth_le.

Menghadirkan sebuah teknologi untuk menghemat energi bluetooth sejatinya sudah terendus sejak perhelatan Google I/O, dan tampaknya Google akan merealisasikan ciri-ciri tersebut di Android yang akan datang.

Perubahan lain

Selain yang telah disebutkan tadi, di dalam Android 4.3 juga terdapat perubahan kecil lainnya. Kebanyakan adalah hanya perubahan nama dan secara fungsi tidak ada yang berbeda.

Sebut saja fungsi 'cell broadcast' yang dalam Android 4.3 disebut 'mobile broadcasts'.

Live wallpaper bernama Sun Beam yang hanya ada di HTC One dan Galaxy S4 edisi Google juga akan ada pada Android 4.3, hanya saja namanya diganti menjadi Phase Beam.

Perubahan lainnya adalah petunjuk waktu yang biasanya ada pada bar notifikasi saat perangkat sedang dalam terkunci. Kini, fungsi tersebut sudah tidak ada lagi.

Kesimpulannya

Boleh disimpulkan bahwa Android 4.3 tidak banyak menawarkan perbedaan dibanding versi 4.2. Wajar rasanya, karena keduanya masih sama-sama keluarga besar Android Jelly Bean.

Kebanyakan yang diubah adalah dari segi tampilan dan beberapa fungsi kecil lainnya. Tapi ini belum final, boleh jadi saat dirilis nanti Google akan menghadirkan ciri-ciri lainnya yang belum diketahui.

Kapan dirilisnya? Google belum memang belum menyebutkan secara pasti, namuan dilihat dari bocoran yang sudah beredar boleh jadi kehadiran Android 4.3 tidak akan lama lagi.d

 

0 komentar: