Everyone is Connected

20120426

Retina Display Buatan Sharp Diklaim Lebih Murah

Sharp memulai produksi LCD (liquid-crystal displays) resolusi tinggi. Bahan yang digunakan diklaim menghasilkan layar berkualiti dengan harga lebih murah.
Bahan yang digunakan yakni susunan transistor logam oksida konon menghasilkan ketajaman gambar dengan kualiti setara retina display yang dipakai di gadget Apple.

Masalah harga disebut-sebut akan lebih murah karena mengurangi kos produksi OLED (organic light-emitting diode). Sejauh ini, OLED adalah jenis layar terbaru yang kaya warna dan jimat energi. Namun harganya masih sangat mahal, apalagi untuk produksi ukuran besar.

"Kami akan menggunakan bahan tersebut dalam membuat LCD untuk tablet, notebook, dan monitor," kata Sharp seperti yang diberitakan oleh Mashable, Kamis (26/4/2012).

Sejumlah pengamat industri berspekulasi, Sharp akan menyediakan display berbahan logam oksida ini untuk iPad terbaru. Namun spesifikasi produksi yang didedahkan Sharp sejauh ini tidak sesuai dengan produk Apple.

Untuk membuat LCD berosolusi tinggi seperti Retina Display, vendor teknologi saat ini bergantung pada proses yang mahal. Antara lain mengubah silikon amorf menjadi polisilikon berkualiti tinggi menggunakan laser. D

 

0 komentar: