Everyone is Connected

20120505

Google:Tidak Akan Dedahkan "Source Code" Galaxy Nexus

Android selama ini dikenal sebagai sistem operasi mobile bersifat terbuka (open source). Namun ternyata, Google merahasiakan kode penyusun (source code) Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang berjalan di Galaxy Nexus, yang tak lain adalah smartphone buatan Google bersama Samsung.

Dalam kes hukum antara Apple dan Google, pengadilan meminta Apple untuk mempelajari perbedaan antara source code Android yang boleh didownload di situs resmi Android dan yang digunakan pada Galaxy Nexus.

Pihak Google menolak permitaan itu dengan jawaban, "Meskipun Google merilis beberapa versi Android melalui Android Open Source Project, namun fungsi internal yang berjalan pada Android di Samsung Galaxy Nexus merupakan rahasia dagang (trade secret) Google."

Kuasa hukum Google mengatakan, ini sama halnya ketika Apple enggan Mendedahkan kode iOS karena hal itu merupakan rahasia dagang.

Apa yang membedakan Android di Galaxy Nexus dengan Android yang berjalan di smartphone dan tablet dari vendor lainnya? Google tidak mengungkapkannya secara rinci. Yang jelas, Android di Galaxy Nexus terlalu istimewa karena lain dari pada yang lain. K

 

0 komentar: