Everyone is Connected

20130227

Tizen Siap Bersaing Dominasi Android & iOS

OS Tizen (techcrunch)
Youfacom.com - Event Mobile World Congress 2013 di Barcelona tak cuma jadi pesta produsen handset. Namun juga dijadikan momen perkenalan oleh sejumlah sistem operasi mobile terbaru, sebut saja Ubuntu, Firefox, Tizen, hingga Jolla's Sailfish.

Sederet OS mobile ini pun siap menantang eksistensi Android dan iOS. Namun dari semua OS tersebut, satu yang paling menarik perhatian adalah Tizen.

Sebab OS yang satu ini dikembangkan oleh Samsung yang bekerja sama dengan Intel untuk menemani produk smartphone garapannya yang saat ini kebanyakan masih mengandalkan Android.

Konon, smartphone Tizen akan lebih dulu hadir bagi pengguna operator selular Orange milik perusahaan(syarikat)selular France telecom. Orange telah menandatangani kesepakatan untuk mulai memasarkan smartphone Tizen pada kuartal III tahun ini.

Bahkan demi melancarkan rencananya tersebut, Orange telah mempersiapkan kurang lebih 10 engineer yang ditugaskan untuk mengkustomisasi ponsel Tizen yang memang hadir secara khusus bagi pelanggan mereka.

Selain Orange, operator selular lain yang tertarik mengusung smartphone Tizen adalah DoCoMo. Dikabarkan, operator selular asal Japan tersebut siap memasarkan ponsel pintar berbasis Tizen pada akhir tahun 2013.

Sumber dari Techcrunch, Rabu (27/2/2013), nantinya tidak hanya Samsung yang akan membuat ponsel berbasis Tizen. Huawei pun disebut-sebut juga akan ikut membuatnya, mengingat kilang asal China itu juga termasuk dalam konsolidasi yang mengembangkan Tizen.

Sayangnya belum jelas apakah prosesor garapan Intel yang bakal mempersenjatai ponsel Tizen yang bakal diproduksi Samsung dan Huawei. Namun yang pasti, sepertinya Tizen layak diperhitungkan kiprahnya dalam persaingan smartphone saat dilancarkan nanti.d

0 komentar: