Everyone is Connected

20160104

Apple Watch Boleh Control Drone


Youfacom.com - Sebagai perangkat pintar, Apple Watch boleh menjalankan berbagai aplikasi yang kompatibel dengannya. Sekelompok peneliti, berhasil membuat jam tangan pintar Apple ini dipakai mengendalikan drone. 

Tim PVD+ dari National Chung Hsing University Taiwan, menciptakan algoritma Dong coding, yang memungkinkan pengoperasian drone dari jarak jauh menggunakan Apple Watch. 

Setelah mengembangkannya selama 18 bulan, sumber dari Reuters, Senin (4/1/2016), tim PVD+ percaya diri algoritma hasil temuan mereka siap digunakan. 

Dalam sebuah rekaman video, pendiri PVD+ Mark Ven memamerkan bagaimana gerakan tangannya yang menggunakan Apple Watch, mengendalikan drone Parrot AR 3.0. Apple Watch menangkap arahan dari gerakan tangan lalu mengirimkan sinyal tersebut ke drone.

Untuk menentukan arah terbang drone, penggunanya dapat menggerakkan tangan ke kanan dan ke kiri. Arahan lainnya adalah dengan mengangkat tangan, untuk membuat drone terbang lebih tinggi. 

Seperti diketahui, Apple Watch seperti jam tangan pintar pada umumnya, dilengkapi dengan berbagai macam sensor, antara lain sensor pengukur kecepatan accelerometer dan gyroscope untuk mendeteksi gerakan. 

Mark mengatakan metode yang sama juga boleh digunakan untuk mengontrol bola, seperti BB-8 droid di film fiksi ilmiah Star Wars. Tim PVD+ juga mendemonstrasikan bagaimana lampu boleh dikontrol menggunakan perintah gerak di Apple Watch.

Meski demikian PVD+ belum berencana melancarkan teknologi ini secara komersial. Fokus PVD+ saat ini adalah mengembangkan algoritma Dong coding agar boleh bekerja dengan sangat baik sebelum nantinya diimplementasikan secara luas.d




(rns/ash)

0 komentar: