Everyone is Connected

20160110

Terkait Malware, 13 Aplikasi dihapus dari Google Play Store


Youfacom.com - Semakin canggihnya teknologi, membuat berkembangnya perangkat lunak berbahaya atau malware juga meningkat. Malware sendiri merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk merusak sistem atau jaringan komputer dari pemiliknya. Bukan hanya aplikasi komputer, malware juga kini masuk ke aplikasi di smartphone seperti di Android dan iOS.

Baru-baru ini, 13 aplikasi yang disebut dengan Brain Test dihapus dari Google Play Store karena terkait dengan malware. Aplikasi ini memang tampak tidak berbahaya bagi pengguna dan sistem operasi Android itu sendiri, tetapi sebenarnya melakukan hal-hal yang mengerikan.

Jika diinstal ke perangkat Android, aplikasi ini akan mencoba untuk mendapatkan akses ke root. Selain itu, aplikasi tersebut juga akan menginstal aplikasi lainnya yang sama-sama terinfeksi malware ke smartphone, tanpa sepengetahuan pemiliknya karena aslinya 13 aplikasi ini sebenarnya adalah games.

Aplikasi berbahaya ini juga boleh mendapatkan ulasan palsu di Google Play Store agar menarik pengguna Android lain menginstal aplikasi tersebut. Jika Anda sudah terlanjur menginstal aplikasi ini, reset kilang pun juga tidak akan boleh menghapusnya karena telah mengakar di smartphone. Bahkan jika sudah berada di smartphone dalam waktu yang lama, risikonya boleh semakin besar.

Beberapa di antara 13 aplikasi ini sudah di instal oleh lebih dari 500.000 perangkat mobile dengan rating palsu 4.5. Berikut 13 aplikasi Android berbahaya yang telah dihapus dari Google Play Store, pastikan tidak ada satupun yang ada di smartphone Anda.m


0 komentar: