Everyone is Connected

20160529

Samsung Dedahkan Layar AMOLED yang VR-Ready


Youfacom.com Virtual Reality (VR) kini jadi primadona di industri teknologi saat ini. Bahkan Samsung sudah sampai membuat layar AMOLED yang secara native menyokong lingkungan virtual itu.

Produsen Korea Selatan ini memang belum mengumumkannya secara resmi, tapi Samsung sudah percaya diri memamerkannya di acara Display Week yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, meski bentang layarnya hanya 5,5 inch resolusi yang diusungnya mencapai 4K (3.840 x 2.160 pixel

Yang menarik lagi, kepadatan pixel-nya benar-benar meninggalkan jauh teknologi layar sekarang. Angka yang diusung layar AMOLED terbaru Samsung ini mencapai 806 pixel per inch. Tapi lebih dari itu, layar ini dipastikan sudah native menyokong VR, menjadikan tampilan virtual semakin nyata.

Tapi jangan harap layar yang sudah VR-ready ini boleh dirasakan dalam waktu dekat, karena analis menjangka kalau Samsung baru akan membenamkannya tahun 2017 mendatang. Terbuka kemungkinan layar tersebut hadir di Galaxy S8, mungkin di varian Plus mengingat ukurannya yang 5,5 inch.

Di acara yang sama Samsung juga bicara kalau ke depan layar buatannya akan dibekalkan yang namanya Bio Blue. Teknologi ini memungkinkan cahaya biru di layar AMOLED ditekan dari yang tadinya 32% menjadi hanya 6%. Keuntungannya, mata jadi lebih nyaman ketika harus berlama-lama memandang ponsel.

Di Apple fitur semacam ini sudah dulu hadir dengan nama Night Shift. Namun karena hadir bersamaan dengan iOS 9.3, fitur tersebut sifatnya hanya sebatas software. Sedangkan Samsung berusaha mewujudkannya secara hardware, tertanam langsung di layar.d

0 komentar: