Everyone is Connected

20160908

Kelebihan Tombol Home Baru iPhone 7



Youfacom.com - Sejumlah perubahan hadir di iPhone terbaru, salah satu yang menyita perhatian adalah tombol home. Dengan dibekalkan teknologi baru, apa yang boleh dilakukan tombol home di iPhone 7 dan 7 Plus?

Bila dipandang, tombol home di dua iPhone terbaru tidak mengalami perubahan bentuk. Tetap bulat dan ditempatkan di bagian bawah.

Tapi Apple melakukan perubahan di bagian dalamnya. Iaitu menambahkan Taptic Engine.

Alhasil, tidak ada lagi tombol fisik home yang seperti di iPhone sebelumnya. Berganti dengan tombol statistik layaknya tombol capacitive di sejumlah ponsel Android.

Bedanya tombol home iPhone 7 akan mengenali jenis tekanan yang diberikan pada permukaannya. Sehingga tombol tersebut tidak sekadar untuk kembali ke home, tapi akan memiliki banyak fungsi lainnya.

"Dengan adanya taptic engine, kami dapat menghadirkan pengalaman baru pada tombol home, seperti memberikan feedback pada pesan, notifikasi dan ringtone. Pihak ketiga juga akan dapat membuat feedback mereka sendiri melalui Taptic Engine API," jelas Phil Schiller, VP Worldwide Marketing Apple.

Bukan Hal Baru

Inovasi yang disuguhkan Apple ini sebenarnya bukanlah hal baru. Sensasi klik pada tombol sudah dihadirkan sejak 15 tahun silam.

Kala itu Apple menggantikan tombol mekanik di iPod dengan tombol statistik. Adanya perubahan tersebut membuat akses dan navigasi jadi lebih mudah.

Kemudian pada 2014 diaplikasikan pada Apple Watch. Berlanjut setahun berikutnya pada MacBook Pro dengan menghadirkan fitur Force Touch di bagian trackpadnya.

Tahun ini Apple coba menghadirkannya ke iPhone. Boleh jadi ini langkah awal untuk menghilangkan tombol home pada iPhone. Sebab beredar rumor, Apple akan mengubah total desain iPhone 8, termasuk ditanggalkannya tombol home yang selama ini cari ciri khas.

Tapi terlepas dari itu, kehadiran tombol home rasa baru di iPhone 7 ditanggapi beragam. Ada yang menyanjung, tapi tidak sedikit yang merasa aneh.

Sejumlah pendapat mengatakan bagi mereka yang selama ini terbiasa dengan tombol home mekanik di iPhone sebelumnya akan merasa aneh dan perlu beradaptasi. Lain halnya dengan pengguna baru, mereka akan merasa biasa saja dengan tombol statis.


0 komentar: