Everyone is Connected

20160909

iPhone 7 Kapasiti 32 GB, Sesuai Atau Tidak?


Youfacom.com - iPhone dengan kapasiti 16 GB saat ini dirasa kurang mencukupi. Apple pun menggantikannya dengan kapasiti 32 GB di iPhone 7. Ideal atau tidak? 

Seperti diektahui, Apple merilis iPhone 7 dan 7 Plus dengan tiga varian penyimpanan. Kapasiti yang ditawarkan yaitu 32 GB, 128 GB dan 256 GB. Untuk iPhone 7 berkapasiti 32 GB, dijual sama dengan iPhone 6S 16 GB saat dirilis tahun lalu.

Dengan kapasiti dua kali lebih besar, harusnya memang memadai untuk menyimpan foto dan menginstal sejumlah aplikasi. Tapi melihat fitur yang dimiliki iPhone 7 dan kondisi saat ini, rasanya kapasiti 32 GB dirasa akan kurang ideal.

Kamera iPhone 7 boleh merekam dengan format 4K. Tentu ukuran file akan lebih besar. Artinya, otomatic daya tampung yang dibutuhkan pun cukup besar. Selain itu, aplikasi pesan termasuk iMessages, dipenuhi bermacam sticker yang siap memenuhi kapasiti penyimpanan. Belum lagi ukuran aplikasi yang kian hari bertambah besar, plus data atau cachenya.

Catatan lain, bila pengguna berlangganan layanan musik dan video streaming seperti Apple Music, Spotify, YouTube, iFlix dan Hooq. Layanan tersebut menyediakan opsi mendengarkan atau menonton secara offline. Lagi-lagi, ini akan menambah padatnya ruang penyimpanan iPhone.

Memang, Apple menyediakan layanan penyimpanan di iCloud. Terdapat pula Google Photos untuk menyimpan foto dan layanan penyimpanan berbasis cloud lainnya. Namun sepertinya hal itu tidak banyak membantu.

Menimbang berbagai hal itu, iPhone 7 128 GB lah yang dirasa lebih ideal untuk saat ini. Dengan demikian, pengguna tidak perlu dipusingkan jumlah foto dan video yang akan dibuat, berapa banyak aplikasi yang akan diinstall, dan seberapa sering aplikasi media sosial terus dibuka.

Bila ada budget lebih, tidak ada salahnya mempertimbangkan kapasiti 256 GB. Ruang penyimpanan tentunya akan lebih lega lagi. Pengguna boleh membuat lebih banyak video 4K dan menyimpan lebih banyak musik dan film.

Update terbaru, pemesanan awal iPhone 7 dan 7 Plus dibuka hari ini (9/9/2016) dan dijanjikan tersedia pada 16 September 2016 mendatang. Sebanyak 29 negara akan menjadi yang pertama mendapat iPhone terbaru yakni Australia, Austria, Belgia, Canada, China, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Italia, Japan, Luxembourg, Mexico, Belanda, New Zealand, Norwegia, Portugal, Brazil, Singapore, Spanyol, Swedia, Switzerland, Taiwan, Uni Emirat Arap, Inggris dan Amerika Serikat. 

0 komentar: