Everyone is Connected

20120619

4 Cara Microsoft Surface Untuk Bersaing DenganiPad

Youfacm.com - Microsoft baru saja melancarkan Surface, komputer tablet buatannya sendiri. Mampukah tablet berbasis sistem operasi Windows 8 ini bersaing dengan Apple iPad?

Perangkat ini dikeluarkan dalam dua versi, yaitu yang berbasis prosesor ARM dan Intel. Terdapat aksesoris menarik seperti cover yang juga berfungsi sebagai keyboard tambahan dengan fungsi trackpad multitouch.

Kedatangan Surface membuat Microsoft kini bersaing langsung dengan iPad. Dan juga deretan yang memakai sistem operasi Windows 8 di tablet produksinya.

Belum disebutkan berapakah harganya Surface. Sedangkan waktu pemasarannya hampir dapat dipastikan pada tahun 2012 ini.

"Microsoft boleh menawarkan harga kompetitif untuk spesifikasi tersebut karena tidak perlu membayar lisensi Windows 8 yang harus dilakukan oleh manufaktur lain dan ini mungkin membuat partner mereka tidak senang," kata Carolina Milanesi, analis di Gartner.

Carolina menilai Microsoft Surface lebih menyasar pasar profesional. Mereka mungkin akan cenderung head to head dengan iPad di sektor korporat.

"Mereka sepertinya menarget audiens profesional. Jadi mereka akan head to head dengan Apple di sektor korporat. Harga akan menjadi kunci," imbuh Milanesi.demikian namanya. Ini adalah tablet PC terbaru yang dibuat sendiri oleh Microsoft. Mampukah ia menghadirkan perlawanan berarti pada iPad yang saat ini masih menguasai pasar tablet? Beberapa analis mengiyakan pendapat tersebut. Apa saja alasannya? Berikut di antaranya

1. Microsoft kuat di korporat
Apple adalah rajanya pasar. Namun meski mulai banyak dipakai di korporat, mereka belum dapat menandingi Microsoft di sektor ini. Ya, Microsoft sudah sangat lama menguasai sistem komputer di korporat.

Mayoriti sistem operasi ataupun software yang dipakai adalah ciptaan Microsoft. Jadi, tablet Microsoft Surface kemungkinan akan mendapat perhatian besar dari para pebisnes. Terlebih, tablet ini punya aplikasi familiar yang menunjang aktiviti produktif mereka.

2. Sokongan kuat developer
Sistem operasi Microsoft Windows sejak dulu punya sokongan sangat kuat dari para developer. Hampir semua aplikasi PC yang populer dan berguna punya versi khusus untuk Windows. Jadi hampir dapat dipastikan mereka juga akan membuat aplikasi untuk Windows 8 yang memang dirancang khusus untuk tablet. Hal ini boleh menjadi senjata tersendiri dalam bersaing iPad.

3. Determinasi tinggi
Microsoft dikenal sebagai perusahaan(syarikat)pantang menyerah yang punya determinasi tinggi. Biasanya butuh waktu lama sebelum akhirnya mereka menyerah. Seperti kes pemain musik Zune yang akhirnya dimatikan karena tidak boleh menyaingi iPod meski hampir segala upaya sudah coba dilakukan.

Kesabaran Microsoft antara lain terbayar di Xbox yang akhirnya menjadi konsol game terpopuler saat ini meski sebelumnya harus merugi dahulu. Kedatangan Microsoft Surface membuktikan Microsoft masih terus berupaya memperbaiki untungannya di pasar tablet untuk menghancurkan iPad.

4. Inovatif
Microsoft adalah salah satu pemegang paten teknologi terbesar di dunia, hanya kalah dari IBM. Paten memang tak sama dengan inovasi, namun jumlah paten yang besar menunjukkan betapa besar investasi yang dihabiskan dalam area tersebut. Terbukti mereka juga menggaet lisensi yang tidak sedikit dari patennya yang dipakai vendor lain.

Malah boleh dikatakan, Microsoft adalah perusahaan(syarikat)pertama yang memperkenalkan komputer tablet meski tidak menuai popularity seperti yang diharapkan. Nah, inovasi baru yang dihadirkan Microsoft mungkin akan membuat mereka pada akhirnya mampu sukses di pasar tablet.


 

0 komentar: