Everyone is Connected

20120612

Menyingkap Ciri-Ciri Kelebihan iOS 6





Youfacom.com - Di Worldwide Developer Conference (WWDC) 2012, Apple turut mengumumkan update terbaru dari sistem operasi mobilenya, yaitu iOS 6. Diklaim Apple, akan ada banyak ciri-ciri menarik yang dibenamkan di iOS ini.

Beberapa ciri-ciri yang dihadirkan benar-benar baru dan merupakan update dari fitur yang ada sebelumnya. Beberapa yang menarik di antaranya, penambahan fungsi Siri dan integrasi yang lebih mendalam di Facebook.

Untuk mengenal lebih jauh apa saja dan apa keunggulan dari iOS 6 ini, youfacom coba merangkumkannya seperti yang diberitakan oleh Apple Insider, Selasa (12/6/2012).
hanya diketahui, iOS 6 hanya akan kompatibel dengan iPad 2 dan new iPad. Sedangkan untuk iPhone, OS ini mampu berjalan di iPhone 4S, iPhone 4, iPhone 3GS dan iPod Touch generasi keempat.

Berikut Ciri-Ciri iOS 6

Siri Yang Semakin Hebat




Aplikasi asisten pribadi Siri akan mendapatkan update dengan sejumlah penambahan ciri-ciri yang membuatnya semakin hebat.

Dijelaskan Apple iOS software chief Scott Forstall, beberapa tambahan tersebut seperti kemampuan pertanyaan yang diajukan ke Siri soal keputusan pertandingan olahraga, pemesanan tempat makan malam melalui aplikasi OpenTable dan menanyakan jadwal film dengan Rotten Tomatoes.


Tampaknya memang fitur tersebut hanya terbatas di negara tertentu saja.

Kelebihan lainnya adalah, Siri kini mampu diperintah untuk membuka aplikasi yang sebelumnya tidak boleh. Saat di WWDC, Forstall mendemonstrasikan bagaimana Siri dapat membuka permainan game seperti Temple Run di iPhone.
Tambahan lainnya, Siri mendapat tambahan sokongan bahasa seperti Korea, Mandarin, kanton dan lainnya.


Integrasi Facebook Lebih Mendalam




Apple tidak mau melepaskan kelebihan Facebook yang penggunanya semakin banyak, termasuk di perangkat iOS. Sebab kini, iOS 6 akan membuat integrasi dari Facebook ke iOS semakin lengkap dan sekali sentuh saja.

Nantinya, pengguna Facebook dapat mensinkronasi(menyegerakan)seperti kontak kawan, agenda ke aplikasi kalender --sehingga bila ada meeting, event, ulang tahun boleh langsung terhubung ke kalender-- posting status, foto dan lainnya juga lebih mudah.

Tidak hanya itu, memposting status Facebook juga semakin mudah layaknya menuliskan SMS, tanpa perlu masuk terlebih dahulu ke App Facebook.

Quick Messages




Bila ada panggilan telepon, iOS 6 kini memberikan banyak pilihan bila tidak ingin menjawab panggilan saat itu juga. Seperti 'Remind Me Later'.

Selain itu, ada juga pilihan quick messages bila merasa perlu mengirimkan pesan singkat dalam keadaan mendesak dan tanpa perlu membalas SMS dengan mengetikkan tulisannya.

Do Not Disturb




Ini ciri-ciri yang 'ringan' namun memiliki manfaat yang cukup besar. Melalui ciri-ciri Do Not Disturb, pengguna boleh mengatur jangka waktu untuk mematikan pesan atau alert di jam tertentu, tanpa harus mematikan perangkat secara keseluruhan.

Biarpun semua boleh di-silent, namun pengguna boleh memisah panggilan dari orang tertentu saja yang dapat menghubungi ponsel Anda.

'Good Bye Google Maps'




Mulai di iOS 6, Apple secara resmi membuang Google Maps dari perangkatnya. Sebagai gantinya, Apple mengembangkan produk peta digital sendiri, sambil melepaskan ketergantungan dari produk kompetitor.

Meski telah melepaskan diri dari Google Maps, namun beberapa ciri-ciri unggulan di Google Maps juga hadir di Apple Maps dengan rupa yang berbeda saja. Selain dapat memperlihatkan keadaan wilayah, pengguna juga dapat mencari alamat atau venue yang lebih spesifik.



Tidak hanya mencari alamat secara detail, pengguna juga boleh mendapatkan petunjuk bagaimana harus menuju venue tersebut dari lokasi yang diinginkan, termasuk perkiraan waktu tempuh yang akan dilalui.

Model pemetaannya juga boleh dipilih dengan mode standart, satelit dengan lanskap 3D atau boleh juga keduanya. Di daerah tertentu, bahkan boleh menunjukkan keadaan lalu lintas secara real time.

Di tempat publik, pengguna juga boleh melihat review dari pengguna Apple Maps lainnya yang telah lebih dahulu datang. Sambil Anda juga sendiri boleh memberikan review bila ke tempat tersebut.

Passbook




Passbook adalah salah satu aplikasi baru yang dapat melakukan pembayaran cara digital dengan gift cards. Beberapa di antaranya membeli tiket untuk acara musik, pertandingan olahraga dan tiket perjalanan.

Redesain App Store


Saat pengguna melakukan update di iOS 6, selain tambahan ciri-ciri ternyata ada perubahan juga terjadi di App Store. Ya, melalui sistem operasi anyar ini pengguna boleh melihat redesain dari store aplikasi online Apple tersebut.

Selain navigasi yang lebih mudah, desainnya juga lebih fresh dengan tampilan aplikasi unggulan yang lebih besar.

0 komentar: