Everyone is Connected

20120613

Map Digital Apple Pakai Data TomTom

Youfacom.com - Apple menyatakan tak lagi menggunakan data dan layanan peta digital Google Maps pada sistem operasi mobile iOS versi 6. Kini Apple merangkul TomTom sebagai penyedia data pemetaan digital untuk iOS.

Dalam siaran pers pihak TomTom mengumumkan bahwa perusahaannya(syarikatnya)adalah salah satu penyedia data utama dalam peta digital untuk sistem operasi iOS.

"TomTom telah menandatangani perjanjian global dengan Apple untuk peta dan informasi terkait. Tidak ada rincian lebih lanjut yang akan diberikan dari perjanjian tersebut," demikian isi siaran pers tersebut.

Perusahaan(syarikat)asal Amsterdam, Belanda ini, boleh dikatakan telah lama dalam bisnes peta digital sejak 1991. Peta TomTom merangkumi lebih dari 35 juta kilometer persegi secara global, di 200 negara dan wilayah.

The Verge menceritakan, TomTom adalah satu-satunya perusahaan(syarikat)yang mendapat merek(jenama)penuh pada aplikasi peta digital di iOS. Bila dilihat di menu setting, dengan jelas terlihat bahwa data berasal dari TomTom.

Sedangkan pada daftar atribusi, baru nampak beberapa perusahaan(syarikat)lain yang menyediakan layanan peta di iOS. Yang jelas, di sana tak ada lagi nama Google.

Untuk rendering peta 3D, Apple mempercayakannya pada C3 Technologies, sebuah perusahaan(syarikat)yang telah dibeli oleh Apple pada 2011 lalu. Dan tak lupa, ada OpenStreetMap yang menyediakan data untuk aplikasi iPhoto di iOS sejak awal tahun 2012. K

 

0 komentar: