Everyone is Connected

20140227

Fitur-Fitur yang Tak Terbukti di Galaxy S5

Youfacom.com - Sebelum di lancarkan secara resmi Samsung Galaxy S5, ada sejumlah rumor yang mengiringi kehadiran perangkat terbaru ini. Rumor itu tentang fitur-fitur utamanya.

Namanya juga rumor, tentu saja ada yang berlebihan yang membuat rasa Galaxy S5 ini semakin berwarna. Walaupun akhirnya jangan kecewa, bila misalnya rumor ini sekadar angin lalu.

Demikian juga dengan Galaxy S5 ini, beberapa tebakan ada yang jitu, namun tak sedikit yang meleset.

Apa saja rumor fitur dahsyat yang pada akhirnya tak terbukti saat pengumuman Galaxy S5, berikut rangkumanya dari berbagai sumber.

Camera 20 MP

Dikabarkan, Samsung akan menyiapkan resolusi kamera untuk Galaxy S5 ini hingga 20 megapixel. Jauh lebih besar dari pendahulu, yang hanya 13 megapixel.

Namun isu ini ternyata tidak tepat, saat pengumuman di acara Samsung Unpacked, Galaxy S5 hanya disertai dengan resolusi kamera sebesar 16 megapixel.

Memang, Samsung akhirnya membenamkan fitur untuk merekam video kualitas 4K di smartphone terbarunya tersebut.

Agak terobati mengenai fitur yang disertakan di kameranya, beberapa di antaranya adalah super autofocus dan selective autofocus. Dengan fitur ini pengguna boleh bermain-main dengan efek seperti bokeh.

Resolusi Layar Super

Galaxy S5 konon menawarkan resolusi 2560x1440 pixel dalam layar terbarunya. Tak cuma itu, kerapatan pixel pun disebutkan meningkat signifikan hingga 560 ppi.

Rumor ini diperkuat oleh pernyataan Kinam Kim, CEO Samsung Display, yang pada event Samsung Analyst Day beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Samsung akan mulai menawarkan teknologi layar Super AMOLED dengan kerapatan hingga 560 ppi mulai 2014 mendatang.

Rumor tinggal rumor, karena pada kenyataannya layar 5.1 inch milik Galaxy S5 hanya sebatas pada 1920x1080 pixel atau sebatas full HD.

Tak cuma itu, kepadatan dari layar Galaxy S5 cuma 415 ppi. Lagi-lagi, apa yang digembar-gemborkan pun tak terbukti.

Home Screen Ala Windows Phone

Smartphone terbaru dari Samsung, Galaxy S5, dilaporkan akan punya tampilan home screen baru yang berbeda dari seri sebelumnya. Disebut sebagai 'Smart Home Screen'.

Disebut pintar, karena home screen ini akan berubah-ubah sesuai dengan lokasi pengguna atau apa yang mereka lakukan.

Sekilas, dengan tampilan kotak-kotak Metro dan fungsinya tersebut, smart home screen Samsung ini tampak seperti home screen pada Windows Phone.

Tapi apa yang ditampilkan di atas panggung tak terbukti. Kendati masih menggunakan Android paling baru, tetap saja tidak ada sentuhan ala Windows Phone yang dimaksud.

Baterai

Di awal-awal munculnya rumor mengenai Galaxy S5, Samsung diperkirakan akan memasang baterai dengan daya tahan yang lebih panjang.

Maka tak mengherankan ada yang menyebutkan kalau ponsel premium ini akan menggunakan baterai yang cukup tinggi, yakni 3200 mAh.

Pada kenyataannya, Galaxy S5 memang menggunakan baterai yang lebih besar tapi hanya 2.800 mAh. Dari sini sudah terlihat bahwa Galaxy S5 akan lebih tahan lama.

Tapi buka cuma kapasitinya yang diperbesar dari S4. Di dalam juga sudah terdapat fitur penghemat baterai bernama ultra saving. Fitur ini mempunyai kemampuan memperpanjang masa dari handset.

Bahkan salah satu pejabat di Samsung mengklaim bahwa, pada saat baterai tinggal 10%, dalam kondisi standby smartphone ini mampu bertahan hingga 24 jam lamanya.

Prosesor Octa-core

Berdasarkan bocoran yang diperoleh dari KDB Daewoo Securities Research, seperti banyak dugaan sebelumnya, Galaxy S5 akan mengandalkan prosesor Exynos 6 yang telah menyokong komputasi 64 bit.

Tak hanya itu, Samsung juga akan membekalkannya dengan RAM 3 GB untuk menunjang segudang fitur barunya.

Nah, pada Galaxy S5, Samsung nyatanya memilih untuk menggunakan Snapdragon 800 yang di dalamnya terdapat prosesor dengan nama kode Krait 4 inti 2,5 GHz. Soal kapasiti RAM kedua masih setia dengan 2 GB.

Padahal, Galaxy S4 dibagi atas dua versi, yang menggunakan Snapdragon 600 dan satunya lagi mengusung Exynos 5 Octa 5410 yang memiliki prosesor hingga 8 inti.

Pernah muncul rumor kalau Samsung juga berniat membuat versi Octa-core untuk Galaxy S5 ini.d

 

0 komentar: