Everyone is Connected

20140531

LG G3: Fitur Pintar Lebih Banyak

 

Youfacom.com - Setelah rumor dan berbagai spekulasinya beredar selama berbulan-bulan, LG G3 akhirnya tiba. Melihat penampilan dan fitur yang dibenamkan, smartphone terbaru LG ini cukup layak dinantikan.

Dari mulai layar hingga balutan desainnya, LG G3 dibungkus dengan gaya premium. Belum lagi dengan sederet fitur yang membuat smartphone ini benar-benar pintar.

Mulai dari Smart Keyboard, Smart Notice, Knock Code, Content Lock dan Kill Switch adalah fitur-fitur pintar yang bertaburan di LG G3.

Seperti apa kemampuan fitur-fitur yang dimaksud? Kesan pertama sejumlah detailnya dapatkan saat pelancarannya di Singapura pekan ini.

Design

LG G3 punya dimensi 146,3x74,6x8,9 mm, sedikit lebih besar dari pendahulunya, LG G2, dengan tingkat ketebalan yang masih sama. Ketipisan bezel di sekeliling layar masih dipertahankan.

Hasilnya, pengguna boleh puas melihat porsi layar yang sangat lega pada bagian depan ponsel. Bagian depan hanya sedikit menyisakan tempat untuk logo LG di bagian bawah, dan speaker serta kamera depan di bagian atas.

Jika dilihat dari sisi atas, bentuk LG G3 tampak sedikit melengkung. LG menyebutnya Floating Arc design. Bentuk ini diklaim LG adalah yang paling ergonomis dan nyaman ketika menggenggam ponsel dengan satu tangan.

Di bagian belakang terdapat kamera dan tombol belakang yang masih dipertahankan. Cover belakang yang disebut Metallic Skin memperlihatkan perbedaan cukup mencolok dibandingkan seri G2.

Bagian belakang ini memang bukan material metal sungguhan seperti pada smartphone high end umumnya, melainkan bahan plastik. Meski demikian, rasa metalik di bagian belakang ini bergaya elegan, sehingga tak membuatnya tampak murahan.
Keuntungan lainnya, material ini membuat berat ponsel ringan. Tekstur halus pada punggung juga berfungsi membuat cover belakang tidak licin dan bersih dari jejak tangan.

Tak seperti pendahulunya yang mengusung desain unibodi, LG G3 punya cover belakang yang dapat dilepas. Kekuatan baterai masih 3000 mAh, namun pada produk ini, baterainya bisa dicopot (removable).

Screen

Ketajaman layar boleh dibilang menjadi highlight utama LG G3. Display 5,5 inch-nya yang tampil lebih impresif dengan layar QHD, menjadikannya yang tertinggi untuk smartphone sejauh ini.

LG G3 seolah mengatakan layar full HD di smartphone segera ketinggalan jaman. Keahlian LG untuk urusan display, menantang para kompetitornya menyaingi kualiti layar yang tersaji di LG G3.

Kombinasi resolusi 2560×1440 pixel, kerapatan pixel 538 ppi dan rasio layar 76,4% dengan bezel tipis di sekitar ponsel, menghasilkan tampilan jernih yang lega dan memanjakan mata.

Camera

Dari sisi kamera, LG G3 masih mempertahankan kamera belakang 13 megapixel. Perbedaan signifikan dibandingkan seri sebelumnya, adalah tambahan fitur laser auto focus.

Menarik, karena di segmen kamera ponsel, fitur ini tergolong masih baru. Fitur yang sudah lama menjadi kelengkapan standar kamera DSLR ini pada intinya berfungsi menangkap fokus objek lebih cepat.

Dicoba memotret objek bergerak, kamera belakang menghasilkan foto yang sangat baik. Bahkan dalam kondisi low light, teknologi ini mengukur jarak di antara objek foto dan kamera menggunakan laser beam.

Tak ada alasan foto terlihat buram. Laser auto focus dan OIS+ (Optical Image Stabilizer Plus) memastikan user mendapatkan best moment pada hasil snap mereka.

Selfie dengan Squeeze

Kebanyakan smartphone saat ini memanfaatkan selfie sebagai jualan. LG pun tak mau ketinggalan. Setelah di seri LG G2 dipermudah dengan tombol belakang, di LG G3 ada tambahan fitur 'squeeze'. Ini adalah penamaan LG untuk fitur hand movement recognition di kamera depan.

Cara kerjanya, saat berfoto selfie, pengguna hanya perlu mengepalkan tangan. Pada layar akan tampil garis imajiner yang mengarahkan pengguna menarik kepalan tangan dari atas ke bawah. Squeeze! Kamera depan 2 megapixel langsung snap selfie.

UI Simple dan Fitur Pintar

Sebagai pelengkap tagline 'Simple is the New Smart' yang diusungnya, LG G3 mengadopsi desain user interface minimalis dengan grafis flat. Kesederhanaan juga diwujudkan dengan tambahan sejumlah fitur pintar.

Smart Keyboard, fitur ini mempelajari cara mengetik user. Dengan mendeteksi dan menganalisa kebiasaan mengetik, keyboard akan 'mengenali' kata yang akan diketik.

Text prediction yang muncul setiap kali kita mengetik pun tinggal di-swipe ke badan teks. Lebar keyboard dan badan teks juga boleh diatur sesuai kenyamanan tangan dan posisi jempol user. Kian memudahkan, smart keyboard diklaim mengurangi input eror hingga 75%.

Smart Notice. Seperti personal assistant, Smart Notice menampilkan sejumlah saran dan rekomendasi berdasarkan perilaku user, pola penggunaan ponsel dan lokasi.

Misalnya, Smart Notice akan memberi rekomendasi apakah akan menelepon balik sebuah panggilan tak terjawab. Atau boleh juga ponsel memberi rekomendasi apa yang harus dilakukan berdasarkan kondisi cuaca.

Misalnya, ketika cuaca hujan, LG G3 tak hanya menampilkan informasi temperatur dan ramalan cuaca, tetapi memberi saran seperti membawa payung dan baju hujan.

Fitur pintar lain yang dibenamkan adalah Smart Security yang meningkatkan keamanan ponsel beserta data di dalamnya. Antara lain termasuk Knock Code, Content Lock dan Kill Switch.

Dibandingkan para kompetitornya di kelas yang sama, LG G3 mungkin memupuskan impian sejumlah penggemarnya dengan ketiadaan fitur canggih semacam finger scanner atau fungsi tahan air dan anti debu.

Namun tampaknya LG lebih memilih semuanya sederhana, seperti taglinenya produknya ini, guna memastikan semua fitur tersebut memang berguna untuk dipakai penggunanya.d

Spesifikasi:

  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 801 (up to 2.5GHz QuadCore)
  • Display: 5,5 inch Quad HD IPS (2560 x 1440, 538ppi)
  • Memori: 16 / 32GB eMMC / microSD slot (128GB max)
  • RAM: 2GB / 3GB DDR3
  • Kamera: belakang 13 MP dengan OIS+ dan Laser Auto Focus / depan 2,1 MP
  • Baterai: 3.000mAh (removable)
  • Sistem Operasi: Android KitKat
  • Size: 146,3 x 74,6 x 8,9mm
  • Bobot: 149 gram
  • Network: 4G / LTE / HSPA+ 21 Mbps (3G)
  • Connection: WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth Smart Ready (Apt-X), NFC, SlimPort, A-GPS/Glonass, USB 2.0
  • Warna: Metallic Black, Silk White, Shine Gold, Moon Violet, Burgundy Red

 

0 komentar: