Everyone is Connected

20150624

Algoritma Facebook Kenali User Tanpa Lihat Wajah




Youfacom.com - Facebook sedang mencoba algoritma baru dalam pengenalan wajah yang lebih canggih. Dengan kemampuan barunya, algoritma ini boleh mengenali si pengguna meski wajahnya tak terlihat.

Algoritma ini bekerja dengan cara mengenali karakter unik lain dari pengguna Facebook. Ciri-ciri seperti tatanan rambut, pakaian, bentuk dan pose tubuh, menjadi acuan algoritma ini.

"Ada banyak petunjuk untuk mengenali seseorang. Setiap orang punya aspek karakter, meski Anda dilihat dari belakang, orang akan mengenali Anda," kata Yann LeCun yang memimpin pengembangan algoritma ini.

"Misalnya, Anda boleh mengenali seorang Mark Zuckerberg dengan sangat mudah, karena dia selalu menggunakan T-shirt abu-abu," sambungnya sumber dari New Scientist, Rabu (24/6/2015).

Untuk menguji algoritma ini, tim Facebook mengumpulkan sebanyak 40 ribu foto publik dari Flickr. Beberapa foto di antaranya hanya memperlihatkan tampak belakang.

Algoritma ini diklaim boleh mengindentifikasi orang-orang dalam foto tersebut dengan tingkat akurat 83%. Jika jadi dipakai, kemungkinan besar Facebook akan memanfaatkannya untuk meningkatkan kemampuan Facebook Moments. 

Seperti diketahui, aplikasi berbagi foto Facebook Moments menggunakan software pengenalan wajah untuk memudahkan tag pada foto.

Namun kecanggihan ini boleh mendatangkan masalah baru bagi Facebook. Uni Eropa beberapa waktu lalu melarang Facebook Moments karena disematkannya teknologi pengenalan wajah pada aplikasi ini. Tentunya, Facebook harus menyiapkan tameng lebih tebal berkaitan dengan isu privasi.d

0 komentar: