Everyone is Connected

20150623

Sony Kini Sudah Kebagian Android M




Youfacom.com - Kabar gembira untuk pengguna ponsel Sony Xperia. Sony kini sudah menyediakan Android M developer preview untuk lini ponsel Xperia, dan boleh didownload secara bebas.

Namun perlu diingat, Sony hanya menyediakan image AOSP, atau Android Open Source Project untuk didownload. Jadi masih memerlukan Google add on atau Gapps -- berisi aplikasi dan layanan milik Google -- untuk diinstal secara terpisah.

Ada beberapa ponsel Xperia yang kompatibel dengan ROM anyar ini, antara lain Z3, Z3 Compact, Z2, Z1, Z Ultra, Z, ZL, E3, M2, T2 Ultra, T3 dan L. Selain itu tablet Z3, Z2 dan Z juga bisa diinstal ROM tersebut, seperti yang dilaporkan Phone Arena, Selasa (23/6/2015).

Semua perangkat di atas adalah bagian dari program Open Device milik Sony. Program tersebut dibuat oleh Sony untuk membebaskan siapapun untuk mengembangkan custom ROM untuk perangkat Sony Xperia.

Sony memperingatkan bahwa ROM AOSP ini tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Itu karena Sony belum mengimplementasikan fitur modem serta kamera dalam ROM tersebut. 

Android M pertama diperkenalkan oleh Google di Google I/O 2015 akhir May lalu. Saat ini OS terbaru itu belum tersedia untuk pemakaian luas, melainkan masih dalam versi developer preview, atau pra rilis.

Selain sokongan terhadap USB-C dan sensor sidik jari, Android M juga dilengkapi fitur pengirit penggunaan daya baterai saat mode standby yang bernama Doze.

Fitur ini punya cara kerja yang unik. Yaitu secara pintar akan mendeteksi ponsel yang tak digunakan dalam waktu lama melalui sensor pendeteksi gerakan. Lalu Doze akan mematikan proses-proses dari aplikasi yang menyedot banyak daya baterai.d

0 komentar: