Everyone is Connected

20150610

iOS 9 Diklaim Menyusahkan Hackers


Youfacom.com - Jumlah digit untuk password keamanan pada iPhone dan iPad ditambah. Dari yang sebelumnya empat digit menjadi enam digit.

Sumber dari The Verge, langkah ini merupakan pemutakhiran bawaan iOS 9 untuk meningkatkan standar keamanan bagi pengguna perangkat Apple. 

Walau terkesan sederhana, mekanisme password yang baru dipercaya efektif menghadang serangan peretas. Pasalnya, pada password 4 digit, ada 10.000 kemungkinan kombinasi. Sementara itu, password enam digit menyediakan 1 juta kemungkinan kombinasi. 

Hanya dengan menambahkan dua digit, kemungkinan kombinasinya boleh berlipat ganda. Peretas pun akan semakin pening menjangka password yang tepat untuk menembus data dalam perangkat pengguna.

''Dengan 1 juta kemungkinan, perangkat pengguna akan sulit diretas,'' kata perwakilan Apple.

Diketahui, penebakan password dengan empat digit normalnya memakan waktu 12 hingga 117 jam. Untuk password enam digit, tentu saja waktu yang dibutuhkan bakal lebih lama.

Walau begitu, standar enam digit belum boleh disebut sebagai jaminan keamanan perangkat. Sebab, beberapa modus peretasan menggunakan penebakan awal untuk membuka password pengamanan perangkat. Di antaranya ada yang beruntung boleh meneka passworddengan benar.

Tapi, setidaknya standar password enam digit boleh menjadi penghadang tambahan untuk mengamankan data pengguna. Di antara perangkat-perangkat Apple yang bakal kebagian adalah iPhone 5S, 6, 6 Plus, iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Tentu, setelah iOS 9 resmi dirilis akhir tahun nanti.d

0 komentar: