Everyone is Connected

20150623

iPhone 6S Sokong Komponen ala PC



Youfacom.com - Tak cuma menggunakan prosesor baru, iPhone 6S juga disebut akan menggunakan metode penempatan komponen yang berbeda biasanya. Apple kabarnya ingin mengusung penempatan komponen ala PC, menggantikan arsitektur System on a Chip (SoC).

Seperti diketahui metode SoC saat ini digunakan oleh hampir semua ponsel saat ini. Metode ini dipilih karena biaya produksi yang lebih efisien dan juga konsumsi daya yang rendah. Karena seluruh komponen penting seperti prosesor, chip grafis, dan yang lainnya dikemas dalam satu chip.

Tapi sebuah rumor menyebut sepertinya Apple bakal meninggalkan metode SoC. Perusahaan Cupertino ini disebut ingin kembali menggunakan arsitekstur lama yaitu komponen per modul.

Jadi prosesor, RAM, dan komponen lainnya ditempatkan secara terpisah, seperti halnya sebuah PC. Namun seperti sumber dari Ubergizmo, Selasa (23/6/2015), komponen-komponen tersebut tetap dikemas dalam satu paket.

Keuntungannya adalah Apple jadi boleh menggunakan proses pabrikasi yang berbeda-beda untuk komponen-komponen yang akan dipakai oleh iPhone 6S, misalnya prosesor 16nm, RAM 14 nm, dan lain-lain. Dengan begitu performa boleh dioptimalkan per komponen. Kabarnya Apple Watch adalah salah satu perangkat Apple yang sudah menggunakan arsitekstur komponen modular.

Tapi meski boleh dioptimalkan per komponen, arsitektur ini punya kelemahan yakni konsumsi daya yang lebih besar dan biaya produksi per komponen yang bakal lebih tinggi. Bukan tak mungkin harga iPhone 6S akan terdongkrak karena hal ini.

Pun demikian informasi ini sifatnya masih sebatas spekulasi. Belum ada kepastian apakah Apple akan benar-benar mengunakan arsitektur komponen per modul. Semuanya tentu baru akan terjawab setelah Apple merilis iPhone 6S kelak.d

0 komentar: