Everyone is Connected

20121101

Apa Kata Mereka yang Sudah Mencuba iPad Mini?

 

Youfacom.com - Dengan logo Apple yang tersematkan di bodynya, iPad Mini tentu mengedepankan ekpektasi tinggi. Lantas, bagaimana hasil review dari mereka yang sudah merasa perangkat 7,9 inch tersebut?

Memang, iPad mini belum dipasarkan secara resmi, sehingga uji coba atas perangkat tersebut pun masih terbatas.

Namun beberapa media di Amerika Serikat sudah diberi kesempatan untuk menguji performa dan menelusuri lebih dalam tentang iPad mini.

Lalu, apa kata mereka? Berikut hasilnya seperti dirangkum oleh Huffington Post, Kamis (1/11/2012).

 

USA Today

Reporter teknologi dari USA Today Edward C. Baig menyoroti soal ukuran iPad mini yang dianggapnya sangat sesuai. Pasalnya, ia merasa sering mendapat 'masalah' dengan iPad versi original yang dirasa terlalu lebar dengan layar 9,7 inch.

Di sisi lain, iPad mini dengan layar yang lebih kecil, mampu menjawab kebutuhan akan sebuah tablet PC. Tak kalah dengan iPad original.

Ia juga yakin bahwa iPad mini akan menjadi lawan tangguh di persaingan tablet 7 inch. Meski harganya cuma sedikit lebih murah dibanding iPad original, hal itu tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi user, lanjut Baig.

The New York Times

"Sangat disayangkan, iPad mini tidak disokong kelebihan Apple lewat retina display," ujar reporter New York Times, David Pogue.

Nama besar Apple, menurut Pogue, tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna untuk lebih mengenal iPad mini. Namun hal itu sejatinya boleh dieksplorasi lebih jauh saat iPad mini dibenamkan dengan layar beresolusi tinggi.

Namun terlepas dari kekecewaan tersebut, Pogue secara garis besar menyambut positif kehadiran tablet dengan berat 0,68 pon tersebut.

Ia bahkan menyebut iPad mini sebagai perangkat yang atraktif, dan paling tipis dari tablet kebanyakan yang berada di pasaran saat ini.

Cnet

Lain lagi pendapat reporter Cnet Scott Stein terhadap iPad mini. Menurutnya, perangkat tersebut terlalu mahal untuk sebuah gadget yang tanpa disertai retina display.

Seperti diketahui, iPad mini dijual dalam 6 model: Yakni versi 16 GB Wifi USD 329, 32 GB Wifi USD 429, 64 GB Wifi USD 529, 16 GB Wifi + Cellular USD459, 32 GB Wifi + Cellular USD 559, 64GB Wifi + Cellular: USD 659 sebagai versi paling tinggi.

Adapun prosesornya diperkuat dengan dengan prosesor A5, jaringan LTE version, ciri-ciri FaceTime HD camera (depan), 5MP iSight camera (belakang) dan light connector.

Cukup oke memang spesifikasi yang disajikan. Namun menurut Stein, harganya masih kurang miring sehingga ia merasa tak terlalu puas.

"Jika Anda ingin merasakan sensasi pengalaman menggunakan perangkat Apple, iPad mini boleh dipilih dengan harga premium. Atau jika tidak, masih banyak alternatif lain yang tersedia dengan harga yang lebih murah," sebutnya.

The Wall Street Journal

Walter Mossberg dari The Wall Street Journal pun tak mau kalah mengomentari iPad mini. Menurutnya, tablet PC anyar Apple ini mampu tampil impresif dengan ketipisan yang dihadirkannya.

"Mereka (Apple-red.) mampu menciptakan tablet yang lebih tipis dan ringan dibandingkan produk sejenis dari kompetitor," tulis Mossberg.

Namun tetap saja, kritikan tetap ia lancarkan terhadap iPad mini. Ya, apalagi kalau bukan soal harganya yang dianggap terlalu mahal dibanding pesaing, dan resolusi yang dinilai masih rendah.


Time

Majalah TIME juga sedikit mengutarakan pengalamannya bermain dengan iPad mini. Menurut wartawan TIME, Harry McCracken, pilihan Apple untuk menggunakan casing dari plastik merupakan pilihan tepat.

Sebab hal itu sekaligus untuk melawan produk pesaingnya yang sebagian besar menggunakan material plastik di casingnya. Sementara Apple memilih bahan alumunium.

"Jika Anda memiliki budget yang cukup, iPad mini merupakan tablet compact terbaik yang ada di pasaran saat ini," tulis McCracken.d

 

0 komentar: