Everyone is Connected

20121105

Twitter Akan Hapus Tweet Pelanggar Hak Cipta

Tweet melanggar hak cipta (The Verge)
Youfacom.com - Agar lebih transparan, Twitter kini menghapus tweet yang dilaporkan melanggar hak cipta. Sebelum dihapus, tweet tersebut akan digantikan sebuah pengumuman.

Ya, Twitter tidak begitu saja menghapus sebuah tweet. Situs mikroblogging ini menggantinya dengan pesan. Adapun pesan tersebut menerangkan bahwa tweet yang diposting 'diamankan' berdasarkan laporan pengguna lain.

Bersumber The Verge, Senin (5/11/2012), dengan cara ini Twitter melakukan langkah signifikan dalam merespons laporan yang berkaitan dengan hak cipta.

Dulu, laporan semacam itu ditanggapi dengan cara menghilangkan tweet tanpa jejak. Kini, pengguna lain boleh melihat 'tempat' tweet tersebut berada dan reaksi yang ditimbulkan akibat lenyapnya tweet.

Kebijakan baru ini muncul seiring perusahaan(syarikat)internet dan para pemilik hak cipta dibuat gila dengan rezim DMCA (Digital Millennium Copyright Act). Di satu sisi, pembuat konten kerepotan melacak dan mengirim notifikasi DMCA setiap kali terjadi pelanggaran hak cipta.

Di sisi lain, pemilik hak cipta mungkin gembira dengan dibanjiri notifikasi. Google misalnya, kini menerima lebih dari 1 juta laporan berkaitan dengan hak cipta dalam satu bulan.d

 

0 komentar: