Everyone is Connected

20121128

Aplikasi Jahat Android Melonjak

Youfacom.com - Seiring popularitinya sebagai sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan, Android makin diincar penjahat cyber. Bahkan, jumlah aplikasi jahat yang ditujukan untuk menyerang Android melonjak di luar perkiraan.

"Data bulan September 2012, jumlah aplikasi Android yang terjangkit sudah mencapai 175 ribu. Ini jauh melebihi perkiraan kami," kata Aulia Hariadi, Business Development Manager Trend Micro Indonesia.

Pada awal tahun, Trend Micro memperkirakan total aplikasi jahat Android akan mencapai kisaran 45 ribu di bulan September. Namun kenyataannya, lonjakan jumlahnya cukup jauh.

Menurut Aulia, jumlah perangkat Android saat ini sudah menyamai jumlah komputer PC. Sehingga menjadi incaran menggiurkan bagi para penjahat cyber, misalnya untuk mencuri data penggunanya.

Vendor anti virus seperti Trend Micro pun mulai serius menggarap solusi keamanan untuk perangkat mobile. Mereka yakin makin banyak pengguna yang menyadari pentingnya aplikasi sekuriti di smartphone atau tabletnya, misalnya untuk melindungi data.

"Pengguna mulai memikirkan hal seperti itu. Misalnya mereka tidak ingin datanya diakses meskipun ponselnya hilang," pungkas Aulia.d

 

0 komentar: