Everyone is Connected

20140910

iPhone 6 Plus vs Galaxy Note 4

Youfacom.com - Dua smartphone papan atas muncul beriringan di bulan September, Galaxy Note 4 dan iPhone 6. Keduanya sepertinya akan banyak dibandingkan, karena Samsung dan Apple selaku produsennya punya sejarah persaingan panas.

Apple akhirnya mengikuti jejak beberapa produsen Android seperti Samsung, yakni mengusung layar lebih besar di iPhone 6. iPhone 6 Plus yang layarnya 5,5 inch, berpotensi head to head dengan Note 4 yang layarnya 5,7 inch.

Apa perbandingan singkat antara iPhone 6 Plus dan Galaxy Note 4? Simak berikut ini yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Layar

iPhone 6 Plus mengusung layar seluas 5,5 inch resolusi Retina HD 1.920 x 1080 pixel. Sedangan Note 4 sedikit lebih luas dengan ukuran 5,7 inch. Resolusinya juga lebih tinggi karena Samsung membenamkan teknologi Quad HD 2.560 x 1.440.

Di iPhone 6, Apple memakai layar teknologi IPS LCD. Sedangkan Samsung seperti biasa mengandalkan teknologi Super Amoled yang dijagokannya selama ini.

Super Amoled dinilai lebih baik soal black level dan kontras, yang berarti Note 4 seharusnya lebih bagus dibanding iPhone 6 di ruangan yang gelap. Dan di atas kertas dengan resolusi lebih baik, seharusnya Note 4 mengungguli iPhone 6.

Tapi tentu dibutuhkan pengujian mendalam untuk membuktikan siapa sebenarnya lebih unggul. Satu lagi yang berpotensi jadi keunggulan Note 4 adalah adanya pilihan Note Edge, model yang lain dengan tambahan layar melengkung untuk menampilkan notifikasi.

2. Desain

Samsung sering dikritik karena mempertahankan material plastik, bahkan di smartphone papan atas. Samsung mau mendengar dan memberikan sentuhan material metal di sekeliling frame Note 4, sehingga handset ini terasa lebih mahal.

Sedangkan iPhone 6 Plus seperti biasa menggunakan material alumunium yang setia digunakan Apple. Ia juga lebih tipis, dengan ketebalan hanya 7,1 mm dibandingkan Galaxy Note 4 yang tebalnya 8,5 mm.

Secara keseluruhan, penampilan iPhone 6 Plus mungkin lebih elegan dari Note 4. Tapi Samsung mulai boleh mengejar, desain Note 4 tidak boleh di katakan mengecewakan.

3.Camera

Kamera bukan hanya soal besaran megapixel, itu yang barangkali diyakini Apple di iPhone 6 Plus. Handset ini punya resolusi 8 megapixel, sama seperti iPhone 5S.

Sedangkan Note 4 dibekalkan resolusi 16 megapixel. Jadi kemungkinan, Note 4 lebih mampu menangkap gambar lebih baik di kondisi cahaya terang dan juga lebih mendetail dibandingkan iPhone 6.

Tapi di beberapa segi, iPhone 6 juga punya keunggulan. Misalnya fasiliti two tone flash kemungkinan membuat foto wajah manusia terlihat lebih natural. Mana kamera yang lebih baik memang perlu uji coba lebih seksama.

4. Hardware

iPhone 6 Plus mengandalkan prosesor Apple A8 64 bit yang diduga kuat ditunjang RAM 1 GB. Sedangkan Galaxy Note 4 memakai prosesor quad core Snapdragon 805 2,7 GHz yang disokong RAM 3 GB.

Secara angka terlihat Note 4 lebih unggul dari iPhone 6 Plus, tapi ada yang berpendapat tidak selalu demikian dalam soal performa. Sebab sama seperti kamera tidak hanya soal megapixel, clock speed dan jumlah core juga bukanlah segalanya.

Pengukuran di Geekbench 3 kabarnya meletakkan iPhone 6 di atas Note 4, meski selisihnya sangat tipis. Menurut TrustedReviews, Apple A8 lebih maju karena merupakan prosesor native 64 bit, sedangkan Snapdragon 805 di Note 4 akan menjadi generasi terakhir CPU mobile high end 32 bit.

iPhone 6 Plus menawarkan storage internal 16GB dan sampai 128GB. Sedangkan Samsung Galaxy Note 4 menawarkan storage internal 32GB dengan opsi ekspansi melalui slot microSD sampai 128GB.

5. Fitur Unggulan

Note 4 dibekalkan segudang fitur unggulan. Stylus S Pen yang jadi ciri khasnya kemampuannya semakin canggih, bahkan boleh digunakan layaknya mouse untuk memblok seluruh halaman dan memudahkan copy paste.

Kemudian pengisian baterai menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya. Di model Galaxy Edge, ada inovasi layar lengkung di sisi layar utama yang sepertinya benar benar bermanfaat untuk menampilkan notifikasi, informasi berita dan sebagainya.

Sedangkan iPhone 6 Plus sudah jelas lebih baik dari sisi desain dan spesifikasi dibanding generasi iPhone sebelumnya. Tapi dari sisi fitur unggulan, sepertinya tidak banyak terobosan yang dihadirkannya.d

 

0 komentar: