Everyone is Connected

20140910

Seberapa Lajunya Prosesor A8 iPhone 6?

Youfacom.com - Bersamaan dengan pelancaran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple memperkenalkan prosesor terbarunya, yaitu A8. Prosesor ini berisikan 2 million transistor dan dibuat dengan fabrikasi 20 nm.

Meski Apple tak mengungkap kecepatan dan jumlah core prosesor ini, namun mereka mengklaim bahwa A8 punya performa CPU yang 25% lebih cepat, juga kerja grafik yang meningkat sebesar 50%, jika dibandingkan dengan A7.

Bahkan prosesor A8 ini dikatakan 84 kali lebih laju jika dibandingkan dengan prosesor yang dipakai Apple di iPhone generasi pertama.

Sumber dari The Verge, Rabu (10/9/2014), iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memang memerlukan prosesor yang lebih bertenaga dibanding iPhone 5S. Itu karena kedua ponsel itu punya resolusi layar yang lebih tinggi dibanding iPhone 5S.

Tak cuma itu, meski dikatakan lebih laju, ternyata konsumsi daya prosesor ini 50% lebih jimat dibanding A7. Itu juga berpengaruh pada panas yang dihasilkan, karena semakin sedikit daya yang dikonsumsi, panas yang dihasilkan pun akan semakin sedikit.

Untuk mengoptimalkan kerja A8 itu, Apple juga mendorong para developer untuk menggunakan Application Programming Interface (API) Metal dalam membuat aplikasi. Game pertama yang menggunakan API tersebut diharapkan sudah tersedia sebelum akhir tahun 2014.

Prosesor A8 juga dikombinasikan dengan co-processor M8 oleh Apple. Chip ini akan berfungsi untuk memonitor data gerakan dari accelerometer, gyroscope dan compass yang ada di kedua ponsel tersebut.d

 

0 komentar: