Everyone is Connected

20120808

Galaxy Note 10.1, Tablet Quad Core




Youfacom.com - Samsung bersiap memasarkan tablet PC terbarunya, Galaxy Note 10.1. Sama seperti Note versi orisinal, gadget yang satu ini mengandalkan stylus berjuluk S Pen yang boleh melakukan berbagai macam fungsi. Seperti apa kemampuannya?

Kesan pertama mencoba Note 10.1 cukup menarik. Stylus yang disertakan bukan untuk gaya-gayaan semata, namun memang fungsional. Dan kemampuannya sudah ditingkatkan dibanding Galaxy Note versi layar 5,3 inch yang lebih dulu beredar.

Mau tahu seperti apa kesan pertama kala mencoba Galaxy Note 10.1? Simakhands on-nya berikut ini yang menguraikan beberapa ciri-ciri kuncinya secara singkat.

Design




Desain Galaxy Note 10.1 secara keseluruhan mengingatkan pada pendahulunya, Galaxy Tab 10.1. Bagian belakangnya bahkan cukup sama. Dan ukurannya pun memang sama.

Di sudut kiri bawah di samping logo Samsung, terdapat ruang penyimpanan stylus. Jika kita menariknya, terdapat stylus S Pen yang ukurannya pendek tapi cukup tebal.

Dua buah speaker tampak menghiasi sisi kiri dan kanan layar Note 10.1. Sedangkan di bagian belakang akan dijumpai kamera lengkap dengan lampu flash di sampingnya.

Bodi Note 10.1 terbuat dari plastik yang cukup kuat, namun kelihatan kurang premium. Pada saat penjualannya nanti akan tersedia versi warna hitam dan putih.

Tablet yang satu ini cukup tipis, hanya setebal 8.9 mm dan berat 600 gram. Akan tetapi seperti halnya tablet berlayar lebar lain, terasa kurang selesa digenggam hanya dengan satu tangan.

Spesifikasinya




Galaxy Note 10.1 memiliki layar beresolusi 1280 x 800. Cukup jernih dalam pandangan mata. Sebagai catatan, layar ini berjenis kapasitif yang responsif terhadap sentuhan jari. Jadi operasional tablet bisa dilakukan baik dengan stylus maupun jari.

Bagian dapur pacunya pun dahsyat di atas kertas. Samsung membekalinya dengan prosesor quad core 1,4 GHz dan RAM 2GB. Dan kenyataannya memang operasional tablet berjalan lumayan mulus.

Untuk mengabadikan foto, terdapat kamera belakang 5 megapixel yang ditemani dengan lampu flash. Hasil fotonya kelihatan cukup baik. Sedangkan kamera depan beresolusi 1,9 megapixel.

Perangkat ini memakai sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Dan dikustomisasi dengan antar muka khas Samsung, TouchWiz.

Spesifikasi kunci lain meliputi baterai 7.000 mAh, memori internal 16GB, slot microSD, dan kemampuan rekam video HD. Galaxy Note 10.1 juga dapat melakukan panggilan telepon maupun SMS.

Fitur-fitur tambahannya cukup menarik. Seperti multiscreen di mana tampilan layar tablet ini dapat dipisah untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus. Misalnya di sisi kanan membuka email dan di sisi kiri dapat digunakan untuk membuka video.

Fitur pop up play juga disertakan. Teknologi ini memungkinkan pengguna menampilkan video di berbagai aplikasi. Ukuran video pun dapat diperkecil dan diperbesar dengan mudah. Dan ketika dicoba, pop up play berjalan mulus tanpa lag. Mungkin karena spesifikasi tablet yang mumpuni.

Selain itu, juga ada fitur Smart Stay seperti yang terdapat di Galaxy S III. Kamera di Note 10.1 dirancang dapat mendeteksi wajah pengguna sehingga layar tidak meredup selama mata masih menatap pada layar.

S Note




Stylus S Pen di Note 10.1 dapat melakukan beragam fungsi di aplikasi S Note. Samsung menyediakan beragam template untuk digunakan berkreasi dan menuangkan ide dengan stylus tersebut.

Yang cukup menarik di S Note adalah menulis melalui Formula Match. Di fitur ini, Note 10.1 akan menyempurnakan hasil tulisan pengguna, bahkan mencari tahu apa maksud tulisan tersebut.

Misalkan jika tulisan terdeteksi sebagai Indonesia, maka pengguna dapat menekan fungsi search. Di layar samping yang sudah disetting untuk mengakses internet kemudian akan tampil berbagai informasi mengenai Indonesia, termasuk petanya.

Demikian juga jika misalnya pengguna mencari jawaban rumus matematika. Jika rumus sudah selesai ditulis, maka jawabannya akan dicari melalui internet dan muncul di layar bagian samping. Jawaban ini dicari melalui layanan Wolfram Alpha.

Note 10.1 juga sudah menyertakan aplikasi bawaaan Photoshop Touch yang boleh digunakan secara gratis. Tampaknya, tablet ini memang sesuai bagi mereka yang suka menggambar atau mendesain. Kemampuan S Note sendiri tampaknya masih perlu ditelusuri secara jauh.

Kesimpulan Awal




Galaxy Note versi pertama kabarnya terjual jutaan unit. Hal itu mungkin yang mendorong Samsung kini merilis lagi Note versi tablet PC dengan layar lebar. Kesan pertama memakai tablet ini cukup baik.

Kekurangannya barangkali dalam hal bodi yang kurang premium dan teknologi layar biasa saja. Namun secara keseluruhan, apa yang ditawarkan Samsung di tablet ini menarik.

Konsep menulis dan mendesain di layar lebar terasa lebih selesa. Demikian juga kemampuan stylus dan aplikasinya yang memang lebih ditingkatkan kemampuannya dibanding generasi awal. d

 

0 komentar: