Everyone is Connected

20120803

Google Cegah Serangan Aplikasi Jahat di Android


Google Play

Youfacom.com - Kebanyakkan aplikasi berisi virus dan malware ke sistem operasi (OS) Android membuat Google harus mengubah aturan. Tentu saja agar aplikasi jahat tidak semakin merajalela di OS robot hijau tersebut.

Kebijakan baru ini berlaku bagi setiap aplikasi yang masuk ke store aplikasi Google Play, termasuk soal penamaan aplikasi, larangan mengakses informasi personal tanpa izin pengguna dan lebih banyak detail ketentuan pada kebijakan pembayaran.

"Kami terus berupaya membuat Google Play menjadi komuniti besar untuk developer dan pelanggan. Ini mengharuskan kami memperbarui kebijakan ketika melancarkan ciri-ciri baru, seperti subscription billing dan juga ketika kami menemukan melihat perilaku aneh, seperti nama aplikasi yang menipu atau notifikasi spam," tulis tim Android melalui email kepada para developer.

Seperti Telegraph infokan, Jumat (3/8/2012), kontrol yang lebih ketat pada penamaan aplikasi dan ikon dimaksudkan untuk mengurangi aplikasi palsu yang berupaya menipu pengguna.

"Jangan berpura-pura menjadi orang lain dan jangan merepresentasikan seolah-olah aplikasi Anda disahkan atau diproduksi perusahaan(syarikat)atau organisasi lain yang tidak terlibat," tulis Google.

Para developer juga diperingatkan, aplikasi yang keamanannya rentan serta membahayakan perangkat pengguna, tidak diperkenankan masuk Google Play.

Google juga menetapkan aturan baru pada aplikasi yang 'menyampahi' pengguna dengan konten berulang atau mencoba mencapai rating lebih baik di Google Play dengan meningkatkan rating melalui cara tidak jujur.d

0 komentar: