Everyone is Connected

20130104

Apple Akan Benamkan Teknologi Display Baru untuk iPhone 5S

iPhone 5 (Cnet)
Youfacom.com - iPhone 5 baru beberapa bulan dirilis. Namun Apple kabarnya sudah menyiapkan teknologi baru untuk dibenamkan di smartphone terbarunya, yang disebut-sebut bernama iPhone 5S.

Penggunaan teknologi in-cell touch di iPhone 5 tampaknya tidak akan berumur panjang. Laporan terbaru yang dilaporkan oleh Cnet menyebutkan, Apple saat ini tengah melirik teknologi display alternatif.

Menurut keterangan salah satu pembekal komponen Appel asal China, perusahaan(syarikat)yang dipimpin Tim Cook itu kini sedang mengevaluasi teknologi bernama Touch On Display dari Innolux. Perusahaan(syarikat)ini semula bernama Chimei Innolux, dan terdaftar sebagai salah satu pembekal komponen Apple.

Panel atau display yang menggunakan teknologi in-cell touch, dapat dibuat sangat tipis karena sensor sentuh ditempatkan di dalam color filter, bukan di atasnya.

Adapun alasan Apple ingin beralih ke Touch On Display, berdasarkan klaim laporan tersebut, karena adanya gangguan pada teknologi in-cell touch, akibat kedua layar terbenam di panel yang sama.

Dibandingkan dengan Touch On Display, teknologi ini menawarkan sensitiviti sentuhan yang lebih baik dengan ketebalan minimal. Ini akan membuat ponsel akan jauh lebih tipis.

Teknologi Display telah menjadi ciri-ciri utama di iPhone sejak Apple memperkenalkan smartphone pertamanya. Pada ukuran 3,5 inch, iPhone pertama bersaing dengan smartphone lain yang memiliki ukuran layar lebih besar kala itu.

Apple lantas meningkatkan kepadatan pixel dengan tetap mempertahankan ukuran layar iPhone 3,5 inch. Teknologi ini dinamakan Retina Display. Pada iPad dan notebook MacBook Pro versi high-end juga dibenamkan teknologi ini.

Retina display pun menjadi bagian paling mahal dari iPhone. Diperkirakan, kombinasi display dan layar sentuh saja, bernilai USD 44. Ini lebih mahal dari harga komponen untuk antena wireless, NAND flash memory dan prosesor seri A.d

 

0 komentar: