Everyone is Connected

20130121

Qualcomm: Prosesor 8 Core Samsung Hanya Cari Sensasi

Youfacom.com - Dalam pameran Consumer Electronics Show 2013 lalu Samsung sempat mengumumkan soal prosesor 8 core buatannya. Akan tetapi hal itu tampaknya dianggap hanya mencari sensasi belaka.

Chip bernama Exynos Octa 5 racikan Samsung itu memang dijanjikan bakal memiliki prosesor 8 inti yang terdiri dari Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang dikemas dalam Single on Chip (SoC).

Namun walau digabung dalam satu chip, kedua prosesor itu sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum sepenuhnya boleh disebut sebagai prosesor 8 core. Inilah yang akhirnya menuai cibiran dari Qualcomm.

Menurut Paul Jacobs, CEO Qualcomm, semakin banyak core maka akan semakin besar memakan energi dan panas yang ditimbulkan. Dan hal ini jelas belum dibutuhkan untuk perangkat bergerak seperti smartphone. Dengan kata lain Jacobs menjelaskan bahwa chip 8 core itu hanya sekadar cara mencari perhatian Samsung.

Saat mengelar presentasi di acara Born Mobile, di China, Jacobs juga tak menampik bahwa ke depannya akan banyak chip berinti ganda. Namun itu semua harus disesuaikan dengan daya energi agar lebih efisien. Demikian sumber dari Phone Arena.d

 

0 komentar: