Everyone is Connected

20130115

Perbedaan Antara Sony Xperia Z dan Xperia ZL

Youfacom.com - Sony kembali merilis produk "kembar" dalam portofolio ponsel pintar Android. Setelah Xperia T dan Xperia TX, kini Sony merilis ponsel "kembar" Xperia Z dan Xperia ZL. Apa perbedaan di antara keduanya?

Xperia Z dan Xperia ZL memiliki kesamaan dari sisi spesifikasi dan hardwarenya. Keduanya sama-sama memakai prosesor quad-coreQualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan unit pemrosesan grafis Adreno 320.

Layarnya juga sama-sama berukuran 5 inci dengan resolusi full-HD 1.920 x 1.080 piksel. Layar itu memiliki kerapatan piksel 441 piksel per inci (ppi) dan menggunakan Mobile Bravia Engine 2, yang biasanya disematkan pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Memori internal sebesar 16 GB telah terisi sistem operasi Android 4.1 (Jelly Bean). Kamera depan bersensor 2,2 MP dan kamera belakang 13,1 MP dengan lampu kilat LED.

Keduanya juga dibekalkan slot MicroSD, MicroSIM Card, dan port jack audio 3,55mm. Wireless Connection menyokong WiFi, Bluetooth, GPS, NFC, dan boleh digunakan sebagai WiFi Hotspot.

Perbedaan

Setelah kesamaan, mari membicarakan perbedaan Xperia Z dan Xperia ZL. Pertama, Xperia Z terlihat lebih panjang dan lebih lebar. Ia juga lebih tipis dibandingkan Xperia ZL.

Xperia ZL memiliki dimensi panjang dan lebar 5,18 x 2,7 inci, sedangkan Xperia Z 5,47 x 2,79 inci.

Xperia Z memiliki ketebalan 0,31 inci, sedangkan Xperia ZL 0,39 inci. Ketebalan ini juga memengaruhi beratnya; yang dalam hal ini Xperia Z memiliki berat 146 gram, sedangkan Xperia ZL 151 gram.

Pebedaan di antara keduanya juga ada pada materi yang digunakan. Bagian belakang Xperia Z disaluti dengan kaca yang membuatnya terlihat elegan, sedangkan Xperia ZL diselimuti materi plastik agak cembung.

Xperia Z didesain tahan air dan debu, yang mendapat sertifikat ketahanan militer IP55 dan IP57. Ia sanggup "menyelam" di air kedalaman 1 meter dalam waktu 30 menit. Semua port dan slot yang ada di Xperia Z tertutup dengan rapat.

Namun, Sony tidak membekalkan ciri-ciri tahan air dan debu ini pada Xperia ZL.Port yang terdapat di Xperia ZL terbuka begitu saja.

Ada beberapa kelebihan Xperia ZL yang tidak dimiliki kembarannya. Pertama, ciri-ciri infra merah/IrDA yang dapat mengubah fungsi Xperia ZL sebagai remote untuk mengontrol televisi, DVD player, dan perangkat elektronik lain yang menyokong infra merah.

Selain itu, kapasiti baterai Xperia ZL dibuat lebih besar, yakni 2.370 mAH; dibandingkan Xperia Z yang berkapasiti 2.330 mAh.

Perbedaan terakhir terletak pada pilihan warna. Xperia Z akan tersedia dalam warna hitam, putih, dan ungu; sedangkan Xperia ZL hanya hitam dan putih.

Secara keseluruhan, Xperia Z lebih unggul dibandingkan Xperia ZL. Desain bersalut kaca, ukuran lebih panjang, dan tahan air. Perusahaan(syarikat)jepun ini akan meletak harga Xperia Z lebih tinggi berbanding Xperia ZL. Namun, Sony belum boleh memastikan harga resmi untuk kedua produk.k

 

0 komentar: