Everyone is Connected

20140401

Celah di MS Word Ubah Komputer Jadi Zombie

Youfacom.com - Secara resmi Microsoft menginformasikan salah satu celah berbahaya yang terdapat pada aplikasi pengolah kata mereka, MS Word. Celah ini memungkinkan peretas untuk mengendalikan komputer korban.

Celah tersebut boleh disusupi para peretas melalui file Rich Text Format (RTF), yakni file standar MS Word sebelum akhirnya diubah menjadi .doc.

Menurut situs Microsoft, Senin (1/4/2014), hacker sudah menemukan cara untuk memasukan malware ke dalam file RTF. Sekali saja file yang terinfeksi itu dibuka dengan Microsoft Word 2010 maka program jahat langsung menyebar.

Selain boleh untuk mengendalikan komputer korbannya, program jahat itu juga boleh dipakai sebagai mesin pengirim spam atau malware ke komputer lain.

Sejauh ini malware tersebut hanya boleh bekerja di aplikasi Word 2010, dan tidak akan aktif saat dibuka pada Word 2013 atau yang lebih baru. Pun begitu, malware tersebut masih berbahaya karena boleh membuat crash pada komputer korbannya.

Hingga saat ini Microsoft belum juga merilis perbaikan untuk menambal celah tersebut, dan untuk sementara waktu pengguna Word 2010 diimbau untuk lebih hati-hati saat menerima file jenis .RTF.d

 

0 komentar: