Everyone is Connected

20140416

Kos Pembuatan Galaxy S5 Lebih Mahal dari iPhone 5S

Youfacom.com - Berapa biaya yang kira-kira dikeluarkan Samsung untuk membuat satu unit Galaxy S5? Biro riset IHS membongkar, penerus Galaxy S4 tersebut dan terungkaplah biaya pembuatannya berdasarkan harga komponen di dalam ponsel ini.

Menurut IHS, Samsung membutuhkan biaya USD 256 untuk memproduk sebuah Galaxy S5. Berarti Galaxy S5 adalah ponsel termahal Samsung sejauh ini dari segi biaya pembuatan dan bahkan juga mengalahkan biaya pembuatan iPhone 5S.

Menurut IHS, Galaxy S4 dibuat dengan biaya USD 244. Sedangkan iPhone 5S yang menjadi andalan Apple diproduk dengan ongkos senilai USD 199. Lalu, apa yang membuat Galaxy S5 dibuat dengan biaya cukup tinggi?

Masih menurut penelitian IHS yang bersumber dari Cnet, Rabu (16/4/2014), komponen paling mahal di Galaxy S5 adalah layarnya yang senilai USD 63. Kemudian modul DRAM dan flash memory senilai USD 33. Adapun sensor sidik jari di Galaxy S5 malah cukup murah, hanya USD 4.

Dengan nilai jual tinggi sepertinya margin keuntungan Samsung di Galaxy S5 cukup banyak. Namun perlu dicatat bahwa selain ongkos pembuatan, masih ada komponen biaya lainnya termasuk riset dan pengembangan, software, distribusi dan biaya marketing yang ujung-ujungnya bakal dibebankan ke harga jual.d

 

0 komentar: