Everyone is Connected

20140407

Hera: Ambisi Google Satukan Android, Chrome & Internet

Youfacom.com - Sukses dengan mesin pencari, Chrome dan OS Android besutannya, nyatanya masih belum memuaskan Google. Raksasa internet ini lalu berniat menggabungkan ketiga produk andalannya tersebut dalam satu platform.

Meski ketiganya merupakan hasil garapan Google, faktanya satu sama lain merupakan ‘platform’ terpisah. Lewat Project Hera, ketiganya direncanakan berjalan bersama dalam satu kesatuan.

Untuk memungkinkannya, Google konon mengupayakan aplikasi berbasis HTML 5 agar dapat berjalan pada platform Android layaknya aplikasi native Android.

Umumnya aplikasi Android yang ada saat ini mengharuskan pengguna membukanya bila ingin mengaksesnya, seperti email. Hal ini berujung pada penggunaan space RAM.

Bila Project Hera berhasil, untuk melihat email masuk, pengguna Android hanya perlu menggeser layar ke pilihan email layaknya pada browser Chrome. Dengan begitu space RAM akan tetap terjaga dan tidak ‘termakan’ aplikasi yang standby setiap saat karena terlanjur dibuka.

Keuntungan lainnya adalah dengan terintergrasinya Chrome, di manapun pengguna menggunakan Chrome baik di desktop maupun mobile, sejarah website yang digunakannya akan tersimpan.

Sehingga tak perlu lagi susah-susah mengingat alamat website yang ingin diakses. Begitu juga sejarah pencarian saat pengguna menggunakan Google Search.

Sinkron semacam ini sejatinya telah dirasakan pengguna Android lewat Google Sync. Kontak di Gmail pengguna langsung terintegrasi dengan perangkat Android miliknya bila alamat emailnya dimasukkan. Namun Google belum mengadopsi HTML 5 pada fitur Google Sync.

Boleh dikatakan keuntungan mengadopsi HTML 5 terletak pada konsumsi RAM yang boleh jauh lebih rendah. Apalagi isu terbesar Android adalah memakan RAM yang kian meningkat seiring banyaknya penggunaan aplikasi. Ujung-ujungnya adalah kinerja perangkat yang semakin melambat.

Sejauh ini disebutkan Project Hera memang dioptimalkan untuk mengintegrasikan layanan Google saja. Namun juga tak menutup kemungkinan para pengembang akan mulai mengadopsi HTML 5 untuk membuat aplikasi setelah Project Hera diumumkan kelak.

Apapun itu, Project Hera masih berbentuk rumor yang belum jelas ujungnya. Pun begitu, sumber dari Ubergizmo, Senin (7/4/2014), kabarnya Google akan mendedahkannya pada event Google I/O bulan Juni mendatang.d

 

0 komentar: