Everyone is Connected

20140112

Bos Samsung Dedahkan Samsung Galaxy S5

 

Youfacom.com - Samsung Galaxy S5 menjadi salah satu smartphone paling ditunggu tahun ini. Sudah banyak rumor bertebaran soal Smartphone Samsung tersebut, meski belum dapat dipastikan kebenarannya.

Namun akhirnya, ada bos Samsung yang mau angkat bicara soal Samsung Galaxy S5. Dan kabar baiknya, Lee Young Hee selaku Executive Vice President Samsung ini cukup terbuka dalam mendedahkan beberapa informasi soal penerus Galaxy S4 tersebut.

informasi menarik apa saja yang diungkapkan sang bos Samsung tentang Galaxy S5? Simak ringkasannya berikut ini sumber dari Bloomberg.

Pemindai Retina Mungkin Jadi Fitur S5

Jika Apple membenamkan teknologi pemindai sidik jari sebagai fitur keamanan di iPhone 5S, Samsung tidak mau kalah. Vendor asal Korea Selatan ini dikabarkan membekalkan Samsung Galaxy S5 dengan pemindai retina.

Bos Samsung menyatakan bahwa mereka memang mempertimbangkan fitur pemindai retina di Samsung Galaxy S5. Meskipun saat ini belum dapat dipastikan apakah fitur tersebut benar benar akan hadir di S5.

"Beberapa orang memang terlihat fanatik terkait teknologi pengenal retina ini. Kami pun sedang mempelajari kemungkinan penerapannya namun tidak boleh mengatakan apakah benar benar akan ada atau tidak di S5," kata Lee.

Menurut situs Patent Bolt, Samsung mematenkan teknologi pemindai retina yang boleh dipakai pada smartphone. Pemindai retina sendiri dipercaya lebih aman dari fingerprint. Proses pengenalan identities juga diklaim lebih cepat, yakni kurang dari 2 detik.

Meluncur Mac atau April

Banyak jangkaan kapan Samsung Galaxy S5 resmi meluncur. Sebagian mengatakan pada arena Consumer Electronic Show (CES) 2014 yang akhirnya tidak terbukti.

Ada pula yang memperkirakan S5 rilis bulan Februari di event Mobile World Congress 2014. Namun sekarang hampir dapat dipastikan Samsung akan mengadakan even khusus di bulan Mac atau April untuk memperkenalkan S5.

"Kami sebelumnya memperkenalkan flaghsip di paruh pertama tiap tahunnya, sekitar Mac dan April, dan kami masih menargetkan untuk merilis sekitar waktu tersebut," beber Lee.

Baik Galaxy S3 maupun S4 memang diperkenalkan pada even tersendiri, tidak ikut ikutan momentum pameran tekologi seperti CES atau MWC. Samsung Galaxy S5 pun hampir dapat dipastikan akan mengikuti jejak para pendahulunya tersebut.

Design Galaxy S5 Benar-benar Baru

Samsung Galaxy S4 mungkin cukup mengecewakan sebagian pengemar Samsung karena desainnya hampir sama dengan Galaxy S3. Dilihat sekilas, tidak banyak perbedaan yang mencolok.

Nah, Samsung Galaxy S5 kemungkinan besar akan mengusung desain yang benar benar baru. Baik di sektor bodynya maupun ukurannya.

"Ketika kami bergerak dari S3 ke S4, memang benar bahwa Pelanggan tidak begitu merasakan banyak perbedaan antara dua produk tersebut dalam perspektif fisik," demikian pengakuan Lee.

"Untuk S5, kami akan kembali ke dasar. Terutama, terkait layar dan covernya," kata Lee tanpa memberi penjelasan yang lebih jauh maksud kembali ke dasar tersebut.

Rilis Bersama Versi Baru Galaxy Gear

Samsung Galaxy Gear dirilis Samsung bulan September 2013 di pameran teknologi IFA di Jerman. Jam tangan pintar ini menjadi aksesoris pelengkap bagi beberapa handset premium Samsung.

Nah, Samsung dipastikan sedang mempersiapkan suksesor Galaxy Gear. Dan waktu pelancarannya kemungkinan besar bersamaan dengan Samsung Galaxy S5.

"Ketika kami merilis perangkat S5, Anda boleh juga mengharapkan kedatangan suksesor Gear dengan fungsi lebih maju, dan desainnya juga lebih dikembangkan," tutur Lee.

Ia masih tutup mulut soal apa fitur baru yang dimaksud. Namun kemungkinan, Gear masih akan menjadi sebatas aksesoris dan belum dapat berfungsi penuh secara mandiri.

Samsung Galaxy S5 Hadapi Saingan Ketat

Di sisi lain, analis menilai Samsung Galaxy S5 sangat penting untuk menentukan sukses atau tidaknya Samsung di tahun kuda ini. Jika ia gagal menarik perhatian Pelanggan, posisi Samsung mungkin sedikit banyak terancam.

Pasalnya, kompetisi di arena smartphone sangat ketat belakangan ini. Samsung tidak boleh terlena meskipun memang Samsung Galaxy S5 telah mendapat begitu banyak perhatian Pelanggan sebelum rilis resminya.

"Rilis S5 akan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi Samsung. Saingan akan menjadi intens dan tahun ini tidak akan mudah bagi mereka," kata Lee Seung Woo, analis industri di IBK Securities.

Ya, dipastikan Samsung Galaxy S5 akan mendapat perlawanan lebih ketat dari rival Android seperti HTC, Sony dan LG yang juga akan menghadirkan jagoannya masing-masing tahun ini. Belum lagi kedatangan iPhone 6.d

 

0 komentar: