Everyone is Connected

20140130

Smartphone Tizen, Pilih 'prosesor' Qualcomm atau Intel?

Youfacom.com - Sejumlah rumor menyebut ponsel Tizen garapan Samsung akan diungkap kehadirannya pada Mobile World Congress (MWC) 2014 akhir Februari mendatang.

Kabar ini disusul spekulasi yang mengatakan Samsung lebih memilih Intel berbanding Qualcomm untuk ponsel besutannya itu.

Memang informasi yang diperoleh masih sebatas rumor. Namun dikatakan, ponsel Tizen Samsung bakal mengandalkan prosesor SOC (System on Chip) milik Intel yang berbasis Merrifiled. Kemungkinan besar yang dimaksud adalah prosesor Intel Silvermont.

Namun yang menarik adalah alasan Samsung yang akhirnya memilih 'prosesor' Intel sebagai jeroan ponsel Tizen. Disebutkan, Samsung melakukannya karena Intel merupakan salah satu perusahaan(syarikat)yang termasuk dalam konsorsium pengembangan Tizen. Hal ini dikaitkan juga dengan pengembangan yang intel lakukan terkait implementasi Tizen ke depannya.

Spekulasi yang beredar menyebut, inilah penyebab tertundanya pengembangan ponzel Tizen Samsung yang sebelumnya diisukan dirilis akhir tahun 2013 lalu.

Kelebihan yang ditawarkan prosesor Intel adalah sokongan teknologi LTE yang kini juga dimilikinya. Memang tidak seluas sokongan LTE yang disodorkan Qualcomm, namun selain baru akan ditujukan untuk beberapa regional, keputusan Samsung memilih Intel mungkin berkaitan dengan niatnya yang ingin menawarkan ponsel Tizen agar lebih terjangkau.

Pun begitu, informasi ini masih bersifat tentatif, karena tidak menutup kemungkinan Samsung akan tetap menggunakan prosesor Qualcomm pada ponsel Tizen dengan Snapdragon 800 dengan kecepatan clcock 2,3 GHz atau malah benar-benar menggantikannya dengan prosesor Intel Silvermont.d

 

0 komentar: