Everyone is Connected

20140102

Setelah Xperia, Sony Bakal Rilis Ponsel Vaio?

Youfacom.com - Walau telah membeli Nokia, namun Microsoft masih memiliki sedikit rekanan untuk mengembangkan platform Windows Phone. Karena itu Microsoft berencana untuk mengembangkan ekosistem tersebut dengan melakukan pendekatan kepada Sony.

Selama ini divisi mobile Sony telah menjalin kerja sama erat dengan Android milik Google, selama hampir empat tahun. Sumber dari The Information, Kamis (2/1/2014), Sony diperkirakan bakal merilis smartphone Windows Phone pada pertengahan 2014 nanti.

Bahkan, menurut Engadget, Sony kemungkinan akan menggunakan jenama Vaio dalam lini smartphone Windows Phone-nya.

Jika benar, Sony akan memiliki dua brand untuk produk smartphone-nya, yaitu Xperia yang menggunakan Android dan Vaio dengan sistem operasi Windows Phone.

Bagi Sony, smartphone baru tersebut juga boleh dijadikan batu lonjakkan untuk mempopularkan layanan miliknya, yaitu Music Unlimited dan Video Unlimited.

Belum ada kepastian tentang rumor kerja sama ini, namun pihak Sony mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya akan terus membantu Windows jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kedua pihak dikabarkan telah melakukan pembicaraan cukup lama. Sony mendapat jatah untuk mengembangkan desain dan prototipe perangkat.

Namun, kerja sama tersebut boleh jadi gagal jika Microsoft dan Sony tidak menemui kesepakatan dalam hal biaya lisensi, software preloaded, dan hal-hal teknis lainnya.

Untuk menarik minat pembuat smartphone lainnya, Microsoft juga berencana menghilangkan biaya lisensi software sistem operasi mereka, layaknya Android.

Selama ini pemain di arena Windows Phone dikuasai oleh Nokia Lumia. Namun, hal tersebut dikarenakan kondisi pasar yang tidak kompetitif.

Karena itu Microsoft perlu menjalin kerja sama dengan vendor-vendor smartphone besar untuk mempopularkan Windows Phone.

Selain Sony, Microsoft juga melakukan pendekatan terhadap pengilang China, ZTE untuk membuat perangkat low-end yang akan dipasarkan di AS, China, dan Eropa.k

 

0 komentar: