Everyone is Connected

20130920

Awas! Ada Celah Bahaya di Password iOS 7

Youfacom.com - Baru sehari dirilis, iOS 7 langsung mengundang bahaya. Sebab, telah ditemukan celah untuk bug di lockscreen meski iPhone sudah dilindungi oleh password.

Seperti diketahui, password di iOS 7 melindungi iPhone agar tidak sembarangan boleh diakses oleh orang lain. Biarpun sudah dikunci, beberapa fungsi boleh tetap digunakan. Nah, lewat sinilah lubang itu terbuka dan berpotensi menimbulkan bahaya.

Bug ini sendiri ditemukan oleh Jose Rodriguez, seorang tentara berusia 36 tahun yang tinggal di Spanyol. Dia memang dikenal sebagai pengguna iOS yang sering menemukan bug di iPhone.

Lalu bagaimana cara Rodriguez memanfaatkan bug di lockscreen iOS 7 ini? Jadi awalnya, Rodriguez coba mengunci iPhone dengan kombinasi angka. Setelah itu, ia menarik shortcutke bagian timer.

Di fungsi timer, Rodriguez mencoba menekan tombol home untuk menonaktifkan iPhone. Tapi dia tak melakukannya, karena langsung memilih cancel. Di sini ditemukan bug. Karena setelah itu dilakukan, dia melakukan double tap home sebanyak dua kali.

Dan benar saja, fungsi multitasking yang seharusnya tak boleh dilakukan karena posisi iPhone sudah terkunci malah boleh bebas masuk ke bagian camera roll.

Nah, bahaya pun mengintai karena akses ke camera roll membuat pengguna boleh melihat foto dan bahkan mengirimkannya ke email atau jejaring sosial.

Sialnya, Rodriguez memposting cara mengeksploitas bug ini ke YouTube, sehingga membuat siapapun boleh melakukannya.

Beruntung, bug ini tidak berlaku bagi password dengan kombinasi antara angka dan huruf. Apalagi, Rodriguez memang tidak memberitahu apakah bug juga terjadi dengan password kombinasi itu.

Apple pun langsung bergerak cepat dengan memberikan respons mengenai bug yang terjadi di sistem operasi terbarunya.

"Kami sangat peduli dengan masalah isu keamanan ini dan kami akan segera melakukan perbaikan di masa akan mendatang," tulis Apple dalam pernyataanya, yang bersumber dari Forbes, Jumat (20/9/2013).d

 

0 komentar: