Everyone is Connected

20130911

iPhone 5S vs Galaxy Note 3, Mana Lebih Baik?

Youfacom.com - iPhone 5S yang baru saja diumumkan secara resmi mengincar pasar smartphone high end. Pesaingnya lumayan banyak, salah satunya Samsung Galaxy Note 3.

Galaxy Note 3 adalah handset jumbo Samsung dengan spesifikasi tertinggi saat ini. Sedangkan iPhone 5S juga menjadi handset Apple dengan hardware paling canggih.

Ada juga alasan lain sehingga iPhone 5S dan Galaxy Note 3 dibandingkan, yakni harganya yang tidak terpaut jauh. Galaxy Note 3 konon harganya lebih kurang sama dengan iPhone 5S.

Perbandingan kedua-dua Smartphone dan kira-kira mana yang lebih unggul? Simak berikut ini.

Design

Galaxy Note 3 desainnya kurang lebih sama saja dengan handset Samsung kelas atas lain, seperti Note II atau Galaxy S4. Namun Samsung coba membuat perbedaan dengan casing bagian belakang bertekstur seperti kulit sintetis.

Adapun iPhone 5S memakai bahan alumunium sama seperti iPhone 5. Desainnya tidak banyak mengalami perbedaan kecuali bagian home button yang kini dibekalkan sensor sidik jari.

Dari sisi desain, keduanya tidak mengalami perombakan signifikan dibandingkan pendahulunya. Baik Apple maupun Samsung masih percaya dan yakin desain mereka masih tetap menarik.

Namun tentu saja jika dibandingkan, iPhone 5S yang masih memakai layar 4 inch terlihat mini dibandingkan Galaxy Note 3 dengan luas layar 5,7 inch.

Screen 5,7 inch Samsung Galaxy Note 3 beresolusi definisi tinggi, 1920 x 1080 pixel dengan kepadatan pixel 386ppi (pixel per inch). Disertai teknologi Super Amoled khas Samsung untuk kontras warna lebih tajam.

Sedangkan iPhone 5S masih setia memakai layar Retina Display ukuran 4 inch seperti pendahulunya. Resolusinya 640 x 1136 pixel dengan kepadatanpixel 326ppi (pixel per inch).

Dari sisi luar layar dan resolusi, iPhone 5S memang kalah di atas kertas jika ditandingkan dengan Galaxy Note 3. Namun kenyataannya, perbedaannya mungkin tidak terlalu kentara.

Spesifikasi

Galaxy Note 3 dibekali spesifikasi tingkat tinggi dari Samsung. Ada dua model, yaitu yang memakai prosesor quad core 2,3 GHz (4G LTE) dan octa core yang terdiri dari prosesor 1,9 GHz Cortex-A15 dan quad-core 1,3 GHz Cortex-A7 (3G).

Keduanya sama-sama dibekalkan RAM 3GB, tertinggi di antara smartphone lainnya. Sudah tentu, performa Note 3 cepat dan menjanjikan.

Adapun iPhone 5S menyokong prosesor generasi terbaru A7 dan RAM 1GB. Prosesor tersebut berteknologi 64bit yang diklaim menyamai prosesor komputer desktop.

Terdapat prosesor pendamping A7 yang bernama M7. Prosesor tersebut ditujukan untuk menganalisis aktiviti pengguna dan memperpanjang jangka hayat baterai.

Di sektor camera, Galaxy Note III menyokong resolusi 13 megapixel. Sedangkan iPhone 5S masih mengandalkan kamera 8 megapixel.

Software

Galaxy Note 3 memakai versi Android terbaru sebagai sistem operasinya. Yakni Android 4.3 dengan user interface TouchWiz khas Samsung.

Berbagai fitur tambahan disematkan Samsung di sisi software untuk Galaxy Note 3. Misalnya fitur S Note untuk memaksimalkan kemampuan stylus S Pen dalam menulis atau menggambar.

Adapun Apple iPhone 5S memakai sistem operasi bawaan iOS 7. Ini adalah sistem operasi terbaru dari Apple yang diumumkan pada pertengahan tahun 2013.

iOS 7 mengalami perubahan radikal dibandingkan pendahulunya. Baik dari sisi tampilan yang lebih gaul maupun kemampuannya.

Ciri-Ciri Kelebihan

Galaxy Note 3 punya ciri khas, yaitu memakai stylus berjuluk S Pen. Tidak sekadar stylus karena fungsinya cukup bermanfaat dan semakin canggih.

Stylus S Pen di Note 3 mampu mengakses berbagai fungsi dengan mudah tanpa menyentuh layar dalam fitur Air Command. Aplikasi S Note pun semakin memudahkan pengguna dalam menulis atau menggambar dengan S Note.

Adapun iPhone 5S mempunyai beberapa fitur unik yang tidak ada di generasi sebelumnya. Terutama sensor sidik jari sebagai pengganti password.

Jadi, pemakai iPhone 5S cukup menyentuhkan jarinya ke home button, dan handset langsung terbuka kuncinya. Terasa keren dan cukup mumpuni sebagai fitur keamanan ponsel.

Kesimpulannya

Mana yang lebih baik? Masih sulit untuk menentukannya saat ini karena kedua perangkat tersebut belum diujicoba dengan mendalam.

Yang pasti, keduanya adalah handset Samsung dan Apple dengan kemampuan terunggul. Sudah pasti pula memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Mereka yang mendambakan handset layar jumbo definisi tinggi, dengan spesifikasi tingkat atas dan menyukai fungsi stylus, agaknya lebih terpikat Galaxy Note 3.

Sedangkan iPhone 5S dengan nama besar Apple, prosesor canggih, pemindai sidik jari, serta desain premium tentu saja juga menjadi pilihan yang sangat pantas bagi sebagian orang.d

 

0 komentar: