Everyone is Connected

20120308

A5X, "Prosesor" iPad Terbaru


Apple
telah mengumumkan iPad generasi ketiga yang menggunakan prosesor A5X. Tak banyak yang didedahkan oleh Apple mengenai "otak" iPad terbaru itu.

Salah satu yang jelas disebutkan adalah: mikroprosesor berjenis System on Chip (SoC) ini memiliki empat inti prosesor (quad core) khusus untuk olah grafic.

Prosesor grafic yang meningkat drastic ini dipilih untuk menggenjot kemampuan layar iPad terbaru yang memiliki resolusi 2048 x 1536 pixel dengan kepadatan 264 pixel per inci.

Menurut situs Anandtech, A5X memiliki inti prosesor utama Cortex A9 dual core. Hanya saja, sisi graficnya sekarang menggunakan PowerVR SGX543MP4.

Sedangkan prosesor A5, yang dipakai di iPad 2, menggunakan CPU Cortex A9 dual core yang sama. Hanya saja grafisnya masih PowerVR SGX543MP2.

Tak perlu pening dengan nama teknis itu. Perhatikan saja angka 4 dan angka 2 di belakang nama prosesor graficnya, yang menunjukkan jumlah core.

Di pelancarannya, Apple sesumbar kemampuan grafis prosesor A5X ini mampu mengalahkan chipset Tegra 3 dari Nvidia hingga 4 kali lebih baik.

Sedangkan secara keseluruhan, A5X disebut dua kali lipat lebih baik dari Nvidia Tegra 3. Tentunya tak disebutkan seperti apa pengujian yang dilakukan. K

 

0 komentar: