Everyone is Connected

20120321

Aplikasi Free di "Smartphone" Membuat Baterainya Boros

Munculnya iklan di aplikasi free pada perangkat Android bagi sebagian orang tidak menjadi masalah serius. Namun, bagaimana jika iklan pada aplikasi free itu membuat baterai smartphone atau tablet jadi boros?

New Scientist melaporkan penemuan Purdue University di Indiana, Amerika Serikat, bahwa banyak aplikasi free di Android dan Windows Phone yang membuat baterai cepat habis.

Penyebabnya adalah iklan dari pihak ketiga yang muncul saat aplikasi atau game free, seperti Angry Birds atau Facebook dimainkan/digunakan.

Mereka menggunakan tools khusus untuk mengujinya. Sayangnya, tools ini tidak dapat menguji aplikasi di iPhone karena pembatasan sistem yang dilakukan Apple.

Salah satu aplikasi yang diuji adalah game Angry Birds yang ditawarkan secara free.

Saat memainkan Angry Birds selama seharian, peneliti mencatat bahwa game ini sebenarnya hanya menyedot 20% dari total biasa.

Sisanya (80%) digunakan untuk keperluan iklan, seperti mengakses server dan mencari lokasi pengguna.

Bahkan, untuk pencarian lokasi pengguna memakai tenaga sebesar 45%. Pencarian lokasi pengguna ini berguna untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan pengguna.

Chris McClelland,direktur perusahaan(syarikat)pengembang aplikasi Ecliptic Labs, mengaku tidak terkejut dengan penemuan itu. "Iklan perlu terhubung ke server dan mengirimkan informasi tentang lokasi pengguna," jelas McClelland kepada BBC.

 

McClelland mengatakan, praktik tersebut sulit untuk dihindari jika pengguna perangkat Android tetap ingin menikmati aplikasi free. Karena, iklan tersebut menyokong pendapatan pengembang aplikasi.


Ia pun berharap, pengembang aplikasi boleh menciptakan sebuah fitur baru agar perangkat Android lebih jimat baterai. K

 

0 komentar: